Sukses

Awas Hoax Pesta Durian

Poster festival durian beredar di Tegal. Jika teliti terlihat palsunya informasi.

Liputan6.com, Tegal - Sepekan belakangan ini beredar informasi tentang festival durian di Objek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal. Informasi itu tersebar di media sosial maupun pesan Whatsapp. Namun, informasi yang tak jelas sumbernya itu ternyata hoax atau palsu.

Dalam gambar poster yang sempat menghebohkan warganet berlatar warna kuning itu mencantumkan logo Pemkot Kota Tegal dan Pesona Indonesia. Di sana tertulis festival akan digelar 31 November 2017 di PAI Kota Tegal.

Poster itu juga terdapat tawaran menggiurkan, yakni bisa makan durian sepuasnya hanya dengan merogoh kocek Rp 50 ribu. "Tak perlu khawatir kehabisan stok durian melimpah ruah," demikian bunyi pesan poster itu.

Namun, Plt Wali Kota Tegal Nursoleh saat dimintai konfirmasi membantah info tersebut. "Saya tidak pernah mendapat laporan ada kegiatan festival durian di PAI. Saya rasa itu tidak benar ya, hoax," ucap Nursholeh, Sabtu 25 November 2017.

Ia mengaku banyak menerima pertanyaan dari masyarakat terkait informasi di dalam poster tersebut. Dia pun segera mengklarifikasi informasi tersebut.

"Banyak yang tanya sama saya. Saya cek ternyata tidak ada laporan yang masuk, berarti itu kan tidak benar," katanya menegaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Coba Cermati Kejanggalannya

Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Pariwisata Kota Tegal, Abdan Harimukti. Ia menyampaikan bahwa info tersebut adalah palsu alias bohong.

"Pemerintah Kota Tegal khususnya di Pantai Alam Indah Kota Tegal tidak menggelar atau tidak menyelenggarakan kegiatan tersebut. Untuk info yang ramai tentang Festival Durian di PAI itu tidak benar alias hoax," katanya.

Dia mengatakan, apalagi pamflet yang tersebar melalui sosial media waktu pelaksanaannya tidak sesuai karena tertera tanggal yang fiktif yakni tanggal 31 November 2017. "Padahal kita tahu di bulan November ini hanya sampai tanggal 30 November 2017," ucap Abdal.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu teliti dalam menerima informasi dari mana saja. Adapun kegiatan dalam waktu dekat ini yang akan digelar oleh Dinporapar Kota Tegal pada hari Kamis 30 November 2017 bukanlah festival durian, melainkan kegiatan Ruwatan Pantai Alam Indah Kota Tegal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.