Sukses

Kata Pertamina soal Iklan BBM Gratis di SPBU Seluruh Indonesia

Jakarta - Baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan sebuah poster digital yang beredar di jagad dunia maya. Poster tersebut berisi pengumuman pengisian bahan bakar gratis di seluruh SPBU di Indonesia.

Bunyi lengkapnya begini, "Sebagai ungkapan terima kasih kami, GRATIS isi full tanki Anda! Hanya berlaku pada tanggal 31 November 2017 berlaku di seluruh SPBU Pertamina,".

Poster tersebut seolah memberi instruksi bahwa perusahaan plat merah itu akan memberikan bensin gratis selama satu hari penuh. Warganet pun heboh. Poster itu tersebar cepat di aplikasi perpesanan.

Lantas bagaimana kebenarannya?

Ketika dikonfirmasi, Manager External Communication Pertamina, Arya Dwi Paramita membantah isi konten dalam poster digital tersebut. Menurutnya, itu hanya lelucon yang dibuat oleh orang iseng saja.

"Hahaha hoax. Lagian November enggak ada 31. Orang iseng enggak jelas tuh, enggak tahu siapa yang bikin," kata Arya kepada JawaPos.com ketika dihubungi, Rabu, 22 November 2017.

Letak lelucon itu sudah bisa dipahami jika warganet jeli. Pada kalender 2017, bulan November hanya sampai pada tanggal 30. Artinya iklan itu hanya lelucon untuk mengecoh warganet.

Selain itu, jika dianalisis lebih jauh, kecil kemungkinan Pertamina memberikan program isi bensin gratis di tiap SPBU. Sebab, harga minyak saat ini berada di angka USD 62 per barel. Dengan tingginya harga minyak, Pertamina tidak mungkin menggratiskan isi bensin.

Di samping itu, perseroan juga belum lama ini menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax sebesar Rp 150 per liter dari sebelumnya Rp 8.250 menjadi Rp 8.400 per liter. Jadi untuk pembaca setia JawaPos.com, hendaknya jangan mudah percaya ya!

Baca berita menarik lainnya dari JawaPos.com di sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
Libur Tahun Baru, Pertamax Jadi Favorit di Jalur Tol dan Wisata
Artikel Selanjutnya
BPH Migas Bakal Kontrol Harga BBM Eceran