Sukses

Juara, Penelitian Siswa-Siswa Denpasar Sabet Medali Internasional

Liputan6.com, Denpasar - ‎Puluhan siswa di Kota Denpasar yang berprestasi di bidang penelitian ilmiah mengharumkan nama Bali dan Indonesia di tingkat internasional. Perjalanan puluhan siswa tingkat SMP dan SMA dalam meneliti berbagai unsur alam menjadi alat yang berguna bagi masyarakat dijadikan sebuah buku ilmiah jejak peneliti Denpasar.

Buku ini diluncurkan langsung Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, Kamis (23/11/2017) di Rumah Pintar Denpasar. Hadir langsung dalam peluncuran tersebut para siswa SMP dan SMA yang telah melakukan penelitian dan meraih medali emas, perak hingga perunggu di berbagai ajang internasional.

Para siswa kembali melakukan presentasi karya penelitian di hadapan Rai Mantra dan undangan. Salah satu penelitian kalsium cangkang telur dan selulosa natadekoko menjadi tulang imitasi yang dipresentasikan Siti Nurmala Sari, siswi SMAN 3 Denpasar. Penelitian ini mendapatkan medali perunggu di Polandia pada 22-23 Juni 2017.

"Penelitian kami ini telah diuji pengembangan tebal, uji thermal seberapa bisa bertahan tulang imitasi ini di suhu yang sangat tinggi dan juga telah uji SEM untuk mengetahui kualitas tulang," ujar Siti Nurmala Sari, Kamis (23/11/2017).

Presentasi hasil penelitian juga disampaikan Komang Bagus Katyayana Bharata siswa SMAN 4 Denpasar yang meneliti penyerap logam dari biji salak. Penelitiannya meraih medali emas di Kanada dan perunggu di India.

Penelitian penghangat kotak makanan dan mampu mengukur kadar gula makanan oleh  I Gede Arjun Mulia Mahardika, siswa SMAN 6 Denpasar, yang berhasil meraih medali perak di India.

Adapun penelitian pendapatan pedagang nasi jingo di Kota Denpasar diteliti Ni Made Dian Savitri Dharmayanti siswi SMAN 2 Denpasar berhasil meraih medali perak di Seoul, Korea Selatan. 

Salah satu siswi SMPN 3 Denpasar, Ni Made Galuh Cakrawati mempresentasikan hasil penelitian sampah daun ketapang dan jerami padi dapat menjadi rompi antipeluru dan berhasil meraih medali perak di ajang Japan Design International Expo 2017 di Jepang.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumah Pintar

Wali Kota Rai Mantra mengapresiasi hasil karya penelitian siswa SMP dan SMA di Kota Denpasar itu. Keberadaan Rumah Pintar diharapkan dapat dijadikan Co Working Spaceatau sebagai tempat kerja bersama antar peneliti-peneliti muda.

Pencapaian siswa sekolah dalam karya penelitian dan berhasil meraih medali tingkat internasional menjadi kebanggan dan tidak disangka seluruh masyarakat. Sehingga, dari perolehan ini ia terus membangun program kebermanfaatan bagi masyarakat seperti peningkatan infrastruktur bagi ruang ekspresi anak-anak muda.

"Karena penelitian sebagai salah satu ide kreatif anak muda yang menjadi salah satu bidang ekonomi kreatif dapat terus dijembatani oleh Badan Ekonomi Kreatif Kota Denpasar yang telah dibentuk," tutur dia.

Rai Mantra mengharapkan Rumah Pintar dapat menampung komunitas peneliti remaja yang juga dapat disinergikan dengan kepengurusan Hak Kekayaan Intelektual hingga beasiswa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.