Sukses

Sosok Wanita Pembuat Pelaminan Ngunduh Mantu Kahiyang Ayu-Bobby

Ada tiga pelaminan yang disiapkan untuk perhelatan ngunduh mantu Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Liputan6.com, Medan – Pasangan suami istri Kahiyang Ayu-Bobby Nasution akan menggelar ngunduh mantu di kota Medan, Sumatera Utara. Acara dimulai selama tiga hari, yaitu pada 24-25 November acara adat, dan ditutup pada 26 November 2017 dengan acara umum.

Sebuah pelaminan yang menggunakan ornamen khas Mandailing disiapkan untuk perhelatan tersebut. Di balik penyiapan itu, ada seorang wanita berdarah Aceh yang mendesain bernama Nurnaningsih.

Perempuan pemilik jasa Istana Penganten yang berlokasi di Jalan Setia Budi itu dipercaya mengerjakan pelaminan untuk ngunduh mantu Presiden Jokowi. Wanita berusia 55 tahun yang akrab disapa Neneng itu dibantu 15 orang pekerja.

Ia menyebutkan ada tiga pelaminan adat yang harus didekorasi pada rangkaian adat Kahiyang-Bobby. Ketiga pelaminan mulai dari acara Haroan Boru atau menyambut menantu, pemberian marga, hingga penabuhan gordang sembilan. Pengerjaan dilakukan sejak 15 November 2017.

"Untuk pelaminan adat, semuanya kita yang ngerjakan untuk pelaminan adatnya," kata Neneng, Senin, 20 November 2017.

Ia mengungkapkan, pelaminan adat untuk Kahiyang Ayu-Bobby merupakan pelaminan adat Mandailing asli tanpa adanya modifikasi. Pelaminan didominasi warna khas Mandailing, yaitu merah dan hitam.

"Permintaan keluarga. Semua harus ada tabir, dan ada tambahan warna putih sikit," ujarnya.

Selain pelaminan adat, seluruh rumah Bobby yang berada di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi juga didekorasi dengan adat Mandailing. Mulai dari garasi, ruang depan, ruang tengah hingga teras.

"Untuk teras pakai rumbai-rumbai aja. Untuk rumah kita yang dekor full," kata Neneng.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Pesta Pertama

Neneng mengaku pihaknya memiliki seluruh peralatan lengkap untuk pesta adat Mandailing. Namun untuk ngunduh mantu Jokowi, pihaknya hanya diminta mendekorasi pelaminan adat saja. Sementara, dekorasi resepsi dan pakaian pengantin serta keluarga ditangani pihak lain.

"Sangat terharu diberi kepercayaan. Terutama Ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar, saya merupakan teman satu pengajian," kata wanita kelahiran 18 Maret 1963 itu.

Neneg mengaku bukan pertama kali mengurusi pernikahan di keluarga Bobby. Ia ternyata pernah dipercaya mengerjakan pesta pernikahan kakak kandung Bobby, Poppy Dewinta Nasution, pada 2015 lalu.

Tidak hanya itu, Neneng juga mengaku sudah berpengalaman menangani pesta pernikahan orang terkenal dan pejabat di Indonesia, terutama di Sumatera Utara. Meski sudah berpengalaman, Neneng mengaku sangat berhati-hati dalam mengerjakan permintaan keluarga Bobby.

"Intinya, selalu memberikan terbaik, siapa pun itu. Karena ini anak Presiden, jadinya lebih hati-hati biar hasilnya dapat memuaskan," kata Neneng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.