Sukses

Pemuda dari Yogyakarta di Balik Gim Tiang Listrik

Gim Tiang Listrik yang marak di Android ternyata diciptakan oleh pemuda yang berdomisili di Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gim Tiang Listrik menggugah rasa penasaran para pemakai ponsel pintar pasca-kecelakaan Setyo Novanto yang menjadi viral. Dalam 24 jam pertama setelah dirilis pada Jumat, 17 November 2017 pukul 15.00 WIB, gim Tiang Listrik sudah diunduh 80.000 kali.

Frida Dwi (32) merupakan orang di balik pembuatan gim Tiang Listrik. Bersama dengan seorang teman yang bernama Estu Galih (30), ia menangkap momentum itu dan menerapkan ke dalam sebuah permainan digital. Ide membuat gim Tiang Listrik muncul ketika ia melihat tiang listrik menjadi trending topic di sosial media pada Kamis, 16 November 2017 malam.

Gim Tiang Listrik dibuat dalam kurun waktu tujuh jam. Sebab Frida mengejar target rilis menjelang akhir pekan dan tidak didahului oleh pembuat game lainnya.

"Awal dirilis belum ada suara, karena kami terburu-buru, setelah dirilis baru dilakukan pembenahan seperti memasukkan suara dan bugs fixing atau memperbaiki yang error," ujar UB, sapaan akrabnya di Yogyakarta, Minggu (19/11/2017).

Pembuatan gim Tiang Listrik relatif sederhana karena hanya menggunakan dua scene. Setelah menentukan aturan main, UB melakukan coding dan Estu mendesain visual game.

Gim Tiang Listrik hanya bisa diunduh dari ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi Android. Ia sengaja tidak membuat gim Tiang Listrik untuk sistem operasi IOS karena verifikasinya membutuhkan waktu tiga hari.

"Ini gim targetnya riset dan tidak bisa kelamaan menunggu untuk dirilis, keburu basi," tutur UB.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Untuk Riset Pemasaran

Ia juga tidak memasukkan iklan dalam gim ini. Tujuan awal membuat gim Tiang Listrik untuk data riset komunitas. Jadi, UB ingin mengetahui dinamika gim yang dibuat berdasarkan momentum dan mengetahui berapa lama bisa bertahan.

Riset itu akan dibagikan ke komunitas pengembang gim bernama Gamelan di Yogyakarta. Kebetulan, UB merupakan salah satu pendiri komunitas itu pada 2011.

"Sebagai riset pemasaran, jadi bisa jadi acuan teman-teman komunitas yang ingin membuat game profesional tapi minim anggaran promosi," ucap anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Sampai dengan Minggu, 19 November 2017 pukul 09.00 WIB, gim Tiang Listrik sudah diunduh sebanyak 120.000 kali. Ia juga menyebutkan sudah 20.000 dari 60.000 pengunduh yang menghapus game itu dari ponselnya.Riset pemasaran penting bagi komunitas karena persaingan di pasar gim ponsel semakin berat. Dulu, belum ada perusahaan besar yang bermain di ranah ini, akan tetapi sekarang potongan kue di bidang ini semakin kecil.

Tiang Listrik bukan gim pertama yang dibuat oleh UB. Sebelumnya, ia menangkap momentum suster ngesot dan iklan Mastin dengan membuat dua gim itu dan menjadi viral beberapa waktu lalu.

 

3 dari 3 halaman

Bermula dari Desainer Kaus

UB memulai pekerjaan sebagai gim developer sejak 2007. Lulusan D1 Jurusan Desain Grafis ini semula bekerja sebagai desainer kaus di Bali.

Ia melihat peluang yang menjanjikan menjadi game developer ketika iseng membuat gim sendiri dan menjualnya. Ternyata, laku. Setahun bertahan di Bali sebagai game developer, UB mulai tidak betah karena tidak ada teman yang bisa diajak diskusi.

Ia memutuskan pindah ke Yogyakarta, setelah mengetahui di kota ini penggiat gim relatif aktif dan banyak. Saat ini ada sembilan studio game di Yogyakarta yang terpantau dan ratusan game developer.

Selain aktif di komunitas, UB juga menerima tawaran dari perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang membutuhkan game dan animasi untuk mendukung promosi produknya.

"Jadi, selain membuat gim seperti Tiang Listrik, ada sejumlah perusahaan terutama dari Jakarta yang memesan gim ke saya," kata UB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.