Sukses

Truk Parkir Santai di Rel Kereta, Sopirnya Entah di Mana

Jalur rel kereta itu ternyata sering jadi tempat parkir liar para sopir dari luar kota.

Liputan6.com, Solo - Gara-gara dump truck parkir sembarangan di atas rel, perjalanan Kereta Api (KA) Bathara Kresna jurusan Purwosari - Wonogiri terganggu. Akibatnya, perjalanan kereta molor selama 81 menit menunggu hingga truk tersebut berhasil diderek.

Kepala Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budianto mengatakakan, truk parkir di atas rel di perlintasan pada Kamis (16/11/2017) dini hari.

Keberadaan truk berpelat nomor AD 1565 TG yang diparkir sembarangan itu menyebabkan KA Bathara Kresna yang berangkat dari Stasiun Purwosari pada pukul 04.00 WIB menuju Wonogiri, terhambat.

"Truk itu berhenti di atas rel kereta di Jalan Slamet Riyadi Solo. Itu jelas mengganggu perjalanan kereta yang akan melintas," kata dia.

Sedangkan sopir truk, lanjut Eko, sudah dicari saat kereta tersebut berhenti. Namun, ia tetap tidak diketahui di mana keberadaannya. Dengan demikian, mobil derek pun dikerahkan untuk menggeser posisi truk itu dari atas rel.

"Terpaksa truk besar itu harus diderek keluar dari rel. Gara-gara truk yang parkir sembarang di atas rel itu, perjalanan kereta mengalami keterlambatan 81 menit," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Kebiasaan

Menurut Eko, kejadian kendaraan yang parkir di atas rel bukan yang pertama kali terjadi. Sejumlah kejadian serupa sering terjadi di sepanjang rel perlintasan di Jalan Slamet Riyadi Solo. Pemilik kendaraan yang nekat parkir di atas rel mengira jika jalur kereta itu tidak aktif alias mati.

"Biasanya orang luar kota yang parkir di atas rel. Nanti yang menggeser kendaraannya itu para penarik becak dan warga sekitar. Itu biasanya terjadi di depan PGS (Pusat Grosir Solo)," ucapnya.

Ia pun berharap, kesadaran para pemilik kendaraan maupun pengguna jalan supaya tidak parkir di atas rel yang dilalui KA Bathara Kresna, mengingat jalur kereta di Jalan Slamet Riyadi itu masih aktif.

"Kami mohon supaya sopir maupun pemilik kendaraan supaya menghindari parkir di atas rel tersebut karena setiap harinya melintas KA Bathara Kresna," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.