Sukses

Tegal Terjunkan Pasukan Khusus Pengawas Ibu Hamil

Pasukan khusus pengawas ibu hamil akan berkunjung langsung ke rumah untuk memeriksa kondisi kehamilan dan kesehatan ibu dan janin.

Liputan6.com, Tegal - Dari 2.500 ibu hamil di Kota Tegal, Jawa Tengah, sebanyak 200 di antaranya tercatat sebagai ibu hamil berisiko tinggi (Bumil Resti). Untuk itu, Plt Wali Kota Tegal menugaskan Dinas Kesehatan setempat mengawasi para ibu hamil tersebut secara intens.

"Selain jumlahnya cukup banyak, kita juga minta kepada puskesmas dan posyandu untuk bersama-sama melakukan pemantauan dan memonitor perkembangannya," ucap Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Suharjo, Rabu, 15 November 2017.

Ia menjelaskan, pengawasan khusus pada ibu hamil itu bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap ibu dan janin yang dikandung. Dengan pemantauan secara terus-menerus, diharapkan Bumil Resti bisa lancar sampai ke persalinan serta ibu dan bayi bisa selamat dan sehat.

"Kita juga ada tim khusus melakukan pemantauan khusus bagi Bumil Resti. Bidan wilayah puskesmas bersama kader selalu melakukan pemantauan dengan kunjungan rumah kepada Bumil Resti," katanya.

Kunjungan tersebut, ucap dia, untuk memeriksa kondisi kehamilan dan pemeriksaan kesehatan ibu dan janin. Bahkan jika diperlukan, bidan akan mengantarkan dengan merujuk ibu hamil ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan kesehatan yang dibutuhkan.

Layanan lainnya adalah mendapatkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT), berupa susu dan vitamin bagi ibu hamil. Dinas Kesehatan Kota Tegal juga menyelenggarakan kelas ibu hamil di puskesmas-puskesmas.

"Karena memang ibu hamil akan mendapatkan informasi kseshatan ibu dan anak, meliputi kehamilan, persalinan, nifas, KB, perawatan bayi baru lahir, dan info kesehatan lainnya," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga untuk Ibu Hamil

Saat sedang dalam masa kehamilan, tentu seorang ibu harus senantiasa menjaga kesehatannya agar ia dan sang bayi tetap sehat dan bugar. Selain konsumsi asupan bergizi, cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan sang ibu dan janin adalah dengan berolahraga.

Namun, olahraga yang dilakukan saat sedang hamil juga tak boleh sembarangan agar tak membahayakan kondisi ibu dan sang buah hati. Seperti yang dilansir dari americanpregnancy.org, berikut lima jenis olahraga yang baik dilakukan saat sedang hamil.

1. Senam Kegel

Senam kegel memang terkenal akan manfaatnya untuk memperkuat otot sekitar vagina. Hal ini dapat membuat otot tetap elastis dan kuat. Bagi wanita hamil yang sering melakukan senam kegel secara rutin ternyata dapat membantu persalinan normal menjadi lebih mudah.

2. Berenang

Berenang juga merupakan olahraga yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Olahraga ini memiliki efek samping yang minim dan sangat baik untuk metabolisme tubuh sekaligus menjaga keseimbangan tubuh selama masa kehamilan Anda.

3. Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan olahraga ringan yang baik untuk tubuh. Olahraga ini mampu membantu pembakaran dalam tubuh dan juga melancarkan peredaran darah di tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan pernafasan juga menjadi lebih baik.

4. Sepeda Statis

Olahraga sepeda statis sangat baik bagi kesehatan jantung. Risiko dari olahraga ini juga terbilang sangat minim, sehingga sangat cocok jika dilakukan oleh para wanita hamil yang ingin menjaga kebugaran tubuh mereka.

5. Yoga

Yoga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Tak hanya membuat tubuh lebih elastis, yoga dipercaya dapat mengurangi stres dan membuat otot lebih lentur. Bagi para wanita hamil, malakukan yoga bisa menjadi opsi sempurna bagi kesehatan tubuh mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.