Sukses

Ritual Unik Pedagang Pakaian di Makassar

Liputan6.com, Makassar - Berbagai upaya dilakukan para pedagang pakaian di Makassar agar jualannya laris. Salah satunya dengan menggelar ritual unik, yakni menepuk-nepuk pintu los.

Dewi salah satu pedagang pakaian di Pasar Butung Makassar mengatakan ritual unik menepuk-nepuk pintu los itu dilakukan sebelum memulai berjualan, tepatnya pada pagi hari.

"Enggak tahu juga dari mana sumber awalnya, tapi hampir semua pedagang di sini melakukan ritual tersebut. Yah, sudah budaya di sini," kata dia kepada Liputan6.com saat ditemui di Pasar Butung Makassar, Senin, 13 November 2017.

Menurut yang ia ketahui, tujuan dari menepuk-nepuk pintu los, dapat mengusir gangguan jin yang kemungkinan menghuni los sejak semalam. Jin itu sendiri, lanjut Dewi, dapat menghalangi pembeli agar tak singgah sehingga dagangan tak ada yang laku.

"Kata orangtua jin akan pergi kalau pintu los ditepuk-tepuk sebelum dibuka," Dewi menerangkan.

Selain menepuk-nepuk pintu los dagangan, ritual unik lainnya, sambung Dewi, yakni memindahkan boneka tempat pakaian dagangan dipajang.

"Jin kiriman itu biasanya bersemayam di boneka pajangan pakaian sehingga kita geser. Tujuannya sama," ungkap Dewi.

Hal yang sama juga diungkapkan Wati, salah seorang pedagang baju anak-anak di Pasar Butung Makassar. Kata dia, menepuk-nepuk pintu los sebelum membuka los di pagi hari sudah menjadi budaya para pedagang pakaian di Pasar Butung Makassar.

"Kalau pagi itu sudah jadi kebiasaan. Yah ajaran nenek moyang kita juga. Tujuannya bagaimana menghindarkan kita dari hal hal yang tidak baik. Salah satunya rejeki plong masuknya," Wati menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

1 dari 2 halaman

Ritual Penyucian Becak Jelang Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby

Sejumlah penarik becak di Solo, Jawa Tengah, berkesempatan menjemput dan mengantar para tamu pernikahan putri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Saking senangnya, para abang becak itu pun melakukan ritual menyucikan becak sebelum digunakan untuk mengangkut para tamu pada Jumat (3/11/2017).

Para penarik becak yang mendapat tugas menjemput dan mengantar tamu resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution berkumpul di halaman Omah Sinten. Satu per satu para penarik becak itu mengecek kondisi becaknya, mulai dari cek roda, rantai, jok, onderdil, dan lainnya.

Setelah pengecekan selesai, mereka langsung mengambil selang air untuk mencuci becaknya. Para abang becak itu pun membersihkan becaknya dengan sangat detail.

Semua kotoran yang menempel di becak pun digosok menggunakan sikat cuci hingga bersih. Setelah itu, mereka membilasnya dengan air bersih.

Sehabis dilap hingga kering, para abang becak langsung menyemprotnya dengan pewangi. Hal itu dilakukan supaya para tamu yang akan menumpang becaknya merasakan nyaman dan harum.

Artikel Selanjutnya
Tradisi Unik Sambut Penyembelihan Hewan Kurban di Ternate
Artikel Selanjutnya
Tamu Undangan HUT RI di Istana, Pakai Kebaya hingga Sandal Jepit