Sukses

3.000 Mobil VW dari Seluruh Dunia Akan Parkir di Yogyakarta

Jogja Volkswagen Festival merupakan perhelatan indoor terbesar di dunia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebanyak 3.000 mobil Volkswagen (VW) dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia, akan parkir di Yogyakarta pada 17 sampai 19 November 2017. Mobil VW itu akan parkir di halaman dan di dalam Jogja Expo Center (JEC) pada acara Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2017.

"Tidak hanya menyasar Indonesia, tetapi juga dunia, karena event ini sudah masuk kalender Wonderful Indonesia sebagai kegiatan dua tahunan sejak 2013," ujar Tjahyo Widjojono, ketua pelaksana JVWF 2017 dalam jumpa pers di Yogyakarta, Senin (13/11/2017).

Tidak kurang dari 500 partisipan dari mancanegara ikut bergabung dalam kegiatan bertema From Jogja To The World ini. Mereka berasal dari Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand, Australia, Jerman, Belanda, Jepang, dan sebagainya.

 

Kegiatan berskala internasional ini juga akan menghadirkan legenda dunia VW, Roni Fleming dari Amerika Serikat. Dia adalah pembalap VW sekaligus pendiri komunitas VW tertua di dunia bernama Der Kleiner Pantes.

"Ini menjadi daya tarik penggemar VW untuk datang ke JVWF," ucapnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Event Indoor Dua Tahunan Terbesar

Ketua Volkswagen Club Yogyakarta (VCY) Sumartoyo mengatakan, kegiatan yang diinisiasi oleh komunitas penggemar VW di Yogyakarta ini merupakan event indoor terbesar di dunia. Biasanya, perhelatan serupa di luar negeri digelar di ruang terbuka.

Ia menyebutkan, selain ribuan mobil para penggemar VW yang akan parkir di JEC, ada 120 mobil VW yang dipamerkan di dalam ruangan. Mobil yang dipamerkan merupakan koleksi para penggemar VW, dari klasik sampai modifikasi.

Meskipun demikian, ia memastikan pengunjung yang membawa mobil VW ke Yogyakarta ini tidak akan menimbulkan kemacetan. Pasalnya, mobil mereka hanya diparkir di areal JEC dan tidak digunakan sebagai alat transportasi selama di Yogyakarta.

Toyo mengatakan, selain pameran otomotif, perhelatan ini juga menghadirkan hiburan musik dan seni, kuliner lewat 25 food truck VW, serta stan UMKM. Panitia menyediakan 180 stan yang bisa dimanfaatkan oleh para partisipan.

Ia mengatakan, pada perhelatan kali ini juga memberikan lucky draw kepada pengunjung berupa VW kodok keluaran 1967 limited edition dengan Style California Look. Mobil ini akan menjadi milik pengunjung yang datang ke JVWF 2017 dengan membeli tiket seharga Rp30.000.

"Pengundian dilakukan pada Minggu, 19 November 2017 pukul 16.00 WIB," kata Toyo.

Ia menuturkan, event tahun ini menggunakan desain yang menggambarkan kebudayaan Yogyakarta. Ada karikatur Tugu Yogyakarta, Monumen Jogja Kembali, Keraton Yogyakarta, dan Candi Prambanan.

"Ini sesuai dengan tema festival mobil Volkswagen yang ketiga, yakni lewat kebudayaan Yogyakarta bisa menggema ke seluruh dunia," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.