Sukses

Lion Air hingga Garuda Batal Terbang dari Bandara Supadio

Ada empat jadwal penerbangan Garuda Indonesia batal terbang dari Bandara Supadio.

Liputan6.com, Pontianak - Distrik Manager Lion Air Group Pontianak, Lukman Nurjanah mengatakan, saat ini seluruh maskapai Lion Air harus tertunda dan ada yang harus dibatalkan keberangkatannya karena landasan pacu Bandara Internasional Supadio di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, tergenang air.

"Sejak pagi hingga saat ini, penerbangan dari maskapai kita tidak bisa dilakukan baik dari maupun menuju ke Pontianak. Itu akibat banjir di landasan pacu bandara," ujarnya di Pontianak, Minggu (12/11/2017), dilansir Antara.

Lukman memaparkan, dengan sejumlah pembatalan penerbangan yang ada, tentu berdampak pada penerbangan selanjutnya.

"Tentu akibat bandara belum bisa digunakan, maka pembatalan terbang. Kemudian tentu hal ini akan kembali atur jam terbang selanjutnya," kata dia.

Pembatalan penerbangan senada disampaikan General Manager Garuda Indonesia Pontianak Siswanto HP. Saat ini, pihaknya sudah memastikan pembatalan untuk empat penerbangan.

"Kemudian untuk pesawat tipe ATR semua sudah dibatalkan," kata dia.

Lebih lanjut soal penerbangan dan sebagainya, pihaknya masih menunggu informasi dari pihak berwenang yakni Angkasa Pura II Bandara Supadio Pontianak.

Sementara itu, General Manager Angkasa Pura II Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro mengatakan ditutupnya landasan pacu karena disebabkan tergenangnya air hanya bersifat sementara.

Hingga saat ini, ia mengaku, pihaknya memblokir aliran supaya aliran air tidak masuk ke posisi tengah landasan pacu. "Ada genangan air yang melebar di runway sekitar 7,5 meter dengan kedalamannya sekitar 1 cm," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.