Sukses

Ada Puting Beliung, Puluhan Rumah di Cilacap Rusak Tertimpa Pohon

Pohon-pohon jatuh diterjang puting beliung dan menimpa rumah-rumah warga.

Liputan6.com, Cilacap - Puluhan rumah di Desa Bingkeng dan Hanum, Kabupaten Cilacap, dilaporkan tertimpa pohon tumbang saat terjadi angin puting beliung, kata petugas Pusat Pengendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat Budiyono.

"Berdasarkan laporan sementara yang kami terima dari Kepala Desa Bingkeng dan Kepala Desa Hanum, Kecamatan Dayeuhluhur, angin kencang yang disertai hujan lebat itu terjadi pada hari Jumat (10/11), sekitar pukul 16.00 WIB," katanya di Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (11/11/2017), dilansir Antara.

Ia mengatakan angin puting beliung atau langkisau tersebut mengakibatkan sedikitnya sembilan rumah di Dusun Aria dan Nambo, Desa Bingkeng, yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat itu dilaporkan tertimpa pohon tumbang.

Menurut dia, warga yang rumahnya dilaporkan tertimpa pohon tumbang terdiri atas Tasminah (57), warga Dusun Aria RT 01 RW 05, Warju (67), warga Dusun RT 02 RW 05, Wasro (40), warga Dusun Aria RT 02 RW 05, dan Carsim (57), warga Dusun Aria RT 02 RW 05.

Selanjutnya, Darto (52), warga Dusun Nambo RT 02 RW 03, Wawan (34), warga Dusun Nambo RT 01 RW 02, Dartam (61), Dusun Nambo RT 01 RW 02, Darmadi (69), warga Dusun Nambo RT 01 RW 02, dan Wasto (57), warga Dusun Nambo RT 01 RW 02.

"Selain sembilan rumah dilaporkan tertimpa pohon tumbang, sebuah rumah milik Pak Wandi Suprapto (50), warga Dusun Nambo RT 02 RW 03, dilaporkan terkena tanah longsor," kata Budiyono.

Ia mengatakan bencana tersebut tidak menimbulkan korban meskipun sebanyak tiga keluarga yang terdiri atas tujuh jiwa terpaksa mengungsi ke rumah tetangga atau famili.

Sementara, di Desa Hanum RT 01 RW 07 dan RT 02 RW 07, kata dia, dilaporkan sedikitnya 17 rumah warga tertimpa pohon tumbang.

Menurut dia, pemilik rumah yang tertimpa pohon tumbang karena puting beliung ini terdiri atas Kusnadi, Ari, Ruswanto, Abdul F., Tarya, Carkum, Samsudin, Carmono, Darko, Kuswandi, Wartim, Tanto, Syarif S, Kartisah, H. Mardiana, Kirman, dan Tarman.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Puting Beliung

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan petugas Unit Pelaksana Teknis BPBD Wilayah Majenang akan segera mendata ulang jumlah rumah yang mengalami kerusakan akibat bencana tersebut.

"Hari ini juga dilaksanakan kerja bakti yang melibatkan warga, aparat desa, BPBD, dan pihak lainnya guna menyingkirkan pohon tumbang maupun memperbaiki rumah-rumah yang rusak," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan angin puting beliung atau langkisau masih berpotensi terjadi akibat pertumbuhan awan Cumulonimbus (Cb).

Sebelum angin puting beliung yang disertai hujan lebat itu terjadi, kondisi cuaca pada pagi hari hingga menjelang siang terlihat cerah dan terasa panas.

Selanjutnya, pada siang hingga menjelang sore hari terlihat adanya pertumbuhan awan Cb yang tinggi menjulang, berbentuk seperti bunga kol dan berwarna gelap.

"Angin puting beliung biasanya berputar dengan kecepatan lebih dari 35 knot atau 65 kilometer per jam, kejadiannya relatif singkat berkisar 5-20 menit, dan cakupan areanya tidak terlalu luas atau berkisar 1-10 kilometer. Angin puting beliung ini bisa merobohkan pohon dan sebagainya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.