Sukses

Lucu, Ada Pohon Mangga Berbuah Mengkudu

Warga Mayangan, Probolinggo, Jawa Timur, dihebohkan dengan fenomena langka pohon mangga berbuah mengkudu.

Liputan6.com, Probolinggo - Warga kawasan Mayangan, Probolinggo, Jawa Timur, dihebohkan dengan fenomena langka pohon mangga yang berbuah mengkudu. Pohon mangga yang sejatinya berjenis manalagi itu, tumbuh di lahan kosong di Desa Sukabumi.

Pantauan Liputan6.com di lapangan, terdapat tiga buah mengkudu pada tangkai pohon mangga itu. Buah mengkudu itu muncul bergerombol dengan buah mangga lainnya.

Warga yang keheranan dengan fenomena langka itu memadati lokasi. Tak sedikit dari mereka mengabadikan fenomena langka itu menggunakan kamera telepon seluler atau ponsel. Salah satunya Khotijah, seorang pengguna jalan yang kebetulan tengah melintas di lokasi fenomena langka. 

"Sengaja berhenti dan turun dari sepeda motor hanya untuk memfotonya. Soalnya unik, belum pernah melihat yang seperti ini secara langsung," tutur Khotijah.

Temuan pohon langka awalnya dilaporkan oleh Balok, penjaga lahan kosong yang menjadi lokasi tumbuhnya pohon mangga berbuah mengkudu itu. Oleh Balok, temuan itu lantas dilaporkan ke ketua RT setempat.

Istri Ketua RT 02 RW 04, Kelurahan Sukabumi, Mardiana, menjelaskan, sebelum adanya temuan langka di pohon mangga berjenis manalagi itu, dahulunya di lokasi setempat diketahui memang pernah tumbuh sebuah pohon mengkudu.

Diduga, bekas tumbuhnya pohon mengkudu itulah yang menyebabkan pohon mangga berbuah mengkudu.

"Dulu memang ada pohon mengkudu yang tumbuh, tapi yang kurang tahu juga ada hubungannya dengan temuan saat ini atau tidak, kalau pemilik lahannya warga Nguling, Pasuruan," kata Mardiana. 

Atas temuan fenomena langka itu, warga setempat berencana akan merawat pohon mangga berbuah mengkudu tersebut sambil menunggu pemiliknya datang.

Saksikan video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.