Sukses

Presiden Jokowi Bakal Jualan Dawet Saat Siraman Kahiyang Ayu

Solo - Sejumlah pambiwara (pembawa acara) senior dari Solo bakal memandu rangkaian acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu – Bobby Afif Nasution pada Rabu, 8 November mendatang. Para pambiwara akan mengarahkan Presiden Jokowi berjualan dawet, sementara para hadirin membelinya dengan kreweng wingko (pecahan genting) yang telah disediakan.

Makna orang tua pengantin berjualan dawet adalah perlambang kebulatan kehendak orang tua untuk menjodohkan anaknya.

Lima orang pambiwara masing-masing Hj. Widarsi Suranto, Slamet Aby, Umijatsih, Tauviq M. Widodo, dan Sarie Nugraha kepada wartawan di Graha Saba, Rabu, 1 November 2017 mengatakan mereka merasa bangga mendapat kepercayaan keluarga Presiden Jokowi untuk memandu prosesi pernikahan sesuai adat Jawa.

“Prosesi pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu – Bobby Afif Nasution ini bersumber tradisi Kraton Kasunanan Surakarta, “ ujar Hj. Widarsi Suranto yang mendapat gelar dari Kraton Kasunanan Surakarta dengan sebutan Kanjeng Mas Ayu (KMA) Widaningrum. 

KMA Widaningrum mendapat kepercayaan untuk memandu acara Siraman. Upacara Siraman diawali dengan upacara adang kapisan (menanak nasi yang pertama kali sebelum seluruh rangkaian acara dimulai) yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana Jokowi selaku orang tua pengantin.

"Setelah adang pisanan dilanjut dengan pasang bleketepe dan tuwuhan, kemudian mencampur air siraman yang diambil dari tujuh sumber mata air, termasuk air Zamzam," tutur KMA Widaningrum.

Pihak yang nyirami, ucap KMA Widaningrum, memiliki syarat khusus, yakni pinisepuh putri yang layak menjadi teladan bagi masyarakat. “Biasanya yang menyirami jumlahnya tujuh atau sembilan. Angka tujuh dalam bahasa Jawa, pitu, mendapat pitulungan atau pertolongan dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujarnya.

Di acara siraman inilah Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana Jokowi didaulat untuk berjualan dawet. "Tidak sekadar berjualan dawet, hal itu melambangkan kehidupan manusia berasal dari bumi atau tanah. Yang melayani pembeli dawet adalah Ibu Iriana, yang menerima pembayaran kreweng wingko adalah Bapak Jokowi. Hal ini mengajarkan kepada anak mereka yang menikah tentang bagaimana mencari nafkah sebagai suami–istri, harus saling membantu, saling melengkapi," ujarnya.

Siraman ini dimaksudkan untuk membersihkan jiwa raga kedua calon mempelai disertai harapan setelah siraman keduanya menapaki hidup baru degan hati yang bersih. Pada malam Midodareni, ditandai dengan penyerahan lamaran disertai peningset.

Sementara itu pambiwara Slamet Aby kebagian tugas di sesi ijab kabul. Pernikahan Kahiyang – Bobby menggunakan aturan agama Islam diawali dengan pembukaan dari petugas pencatat nikah dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjarsari, Solo. Dilanjutkan akad nikah atau ijab kabul. Saat ditanya mahar atau mas kawin pernikahan, Slamet Aby enggan menjelaskan.

Sementara Kanjeng Mas Ayu (KMA) Umijatsih mendapat tugas memandu prosesi upacara Panggih, sedangkan Tauviq M. Widodo memandu prosesi Siraman mempelai putra di sebuah hotel berbintang yang dijadikan pesanggrahan sementara keluarga besan Presiden Jokowi. Sementara pada malam resepsi pernikahan Kahiyang Ayu - Bobby dipandu oleh pambiwara Sarie Nugraha berpasangan Tauviq M. Widodo.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

 

 

1 dari 3 halaman

Ribuan Relawan Siap Datang

Sebanyak 3.500 relawan akan hadir dalam pernikahan Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution, yang digelar pada 8 November 2017. Seluruh relawan pendukung Jokowi tersebut akan ditampung dan diinapkan di Asrama Haji Donohudan.

Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi, menjelaskan jumlah relawan yang terdaftar akan hadir saat ini sebanyak 3.500 relawan yang akan hadir dari seluruh Indonesia. Namun diperkirakan jumlahnya bisa bertambah mencapai 7.000 relawan. Rencananya, para relawan tersebut akan datang ke berbagai prosesi pernikahan, di antaranya dalam prosesi widodaren serta membuat pagar betis dari kediaman Jokowi hingga ke lokasi pernikahan di Gedung Graha Saba Buana yang berjarak sekitar 200 meter.

"Para relawan akan mulai datang pada tanggal 6 besok. Info terakhir, keluarga besan akan datang pada tanggal 3 besok," ucap Kapolres.

Dalam Operasi Bengawan Candi 2017 yang digelar Polda Jateng untuk pengamanan pernikahan putri presiden ini, sambung Kapolres, pihaknya membuat tiga pos koordinasi, termasuk memantau jalur relawan dari Asrama Haji Donohudan serta dari Bandara Adi Soemarmo yang menjadi pintu masuk para tamu undangan serta pejabat negara yang akan hadir dalam prosesi pernikahan. "Poskonya nanti aktif sejak tanggal 6 hingga 9 November," tambahnya.

Pihaknya juga sudah membuat jalur pergerakan relawan dari Asrama Haji Donohudan menuju ke lokasi pernikahan yang akan diakomodir dengan bus sebanyak 50 unit. Nantinya, tiap lima bus akan dikawal oleh petugas patroli. Mengingat jumlah relawan yang cukup banyak, tegas Kapolres, jalur pergerakan relawan akan diatur sedemikian rupa, tetapi tak akan sampai mengganggu pengendara lainnya.

"Pada intinya pengamanan jalur tak akan mengganggu aktivitas masyarakat. Jalur tak akan ditutup total," ucapnya.

Di sisi lain, diinformasikan saat ini lokasi tempat menginap relawan mulai dipersiapkan. Karena daya tampung Asrama Haji Donohudan hanya sebanyak 2.059 tempat tidur, tempat tidur tambahan pun dipersiapkan oleh petugas asrama haji dibantu TNI. Tiga gedung yang akan digunakan untuk menampung relawan yakni Gedung Mekah, Medinah, dan Shafa.

2 dari 3 halaman

Perias yang Bikin Kahiyang Tambah Ayu

Sementara, Asmoro Decoration mendapatkan kepercayaan untuk mendekorasi gedung pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan calonnya Muhammad Bobby Afif Nasution, di Graha Saba Buwana Sumber, Solo, 8 November 2017.

"Saya bangga mendapat kepercayaan dekorasi gedung pernikahan keluarga Bapak Presiden di Graha Saba Buwana Sumber Solo, dengan konsep sederhana atau natural Jawa klasik, tetapi dikemas istimewa," kata Ranu Asmoro (35), pemilik Asmoro Decoration, di Kelurahan Sondakan, Laweyan, Solo, Senin (16/10/2017), dilansir Antara.

Ranu Asmoro yang mengaku belajar autodidak sebagai dekorator profesional itu bersemangat setelah ditunjuk langsung sebagai pembuat konsep dekorasi di Gedung Graha Saba, rencana tempat pernikahan Kahiyang-Bobby.

Dia membuat konsep dekorasi berunsur Jawa kental atau natural sejak empat bulan yang lalu. Konsep itu juga sempat direvisi putra sulung Presiden Jokowi yang juga pemilik katering Chilli Pari, Gibran Rakabuming Raka.

“Konsep sekarang sudah selesai tinggal pelaksanaan pembuatannya, di gedung diperkirakan mulai tanggal 5 November mendatang," katanya.

Dekorasi sebagai latar belakang panggung (background), kata dia, tetap menggunakan dinding dengan bahan kayu ukir atau sering disebut "gebyok" dengan dimodifikasi warna putih, merah, dan ada unsur wayang supaya kelihatan lebih mewah. Agar tampak modern, banyak bunga seperti jenis kasablanka, anggrek, dan sedap malam juga dipasang sebagai dekorasi.

"Kami dekorasi gedung mulai dari dalam atau panggung tempat duduk pengantin, di beberapa titik lainnya, kemudian di teras dan di tenda-tenda tempat tamu undangan," kata Asmoro.

Menurut dia, desain dekorasi permintaan dari keluarga Presiden, yakni sederhana Jawa klasik. Namun, pihaknya juga mengemas dengan konsep modern sehingga kelihatan mewah.

Asmoro mengaku diajak kerja sama soal dekorasi oleh kakak Kahiyang Ayu sudah sejak dua tahun ini. Bahkan, Asmoro Decoration tersebut juga yang ditunjuk untuk membuat dekorasi gedung saat pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi di Graha Saba Buwana Solo, pada 14 Juni 2015.

"Saya juga yang membuat dekorasi saat pernikahan Mas Gibran-Selvi pada Juni 2015, sehingga lebih mudah menyesuaikan untuk dekorasi pernikahan Kahiyang-Bobby November mendatang," kata Asmoro yang mengaku menekuni bisnis ini sejak 2010 hingga sekarang.