Sukses

EGTC 2017, Berbagi Tips Mudah Menulis Berita

Pembicara-pembicara keren akan menyampaikan materi pada EGTC 2017 di Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - EMTEK Goes to Campus 2017 kembali hadir di Yogyakarta. Lokasinya di Graha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada, pada Senin-Rabu, 30 Oktober-01 November 2017.

Selain workshop oleh pembicara-pembicara keren, EGTC 2017 juga memberikan kesempatan pada pelajar dan mahasiswa di Kota Yogyakarta dan sekitarnya untuk mengikuti lomba Mobile Journalism & News Presenter dengan total hadiah puluhan juta.

Pada EGTC 2017 hari pertama, Senin, 30 Oktober 2017, ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Yogyakarta dan sekitarnya antusias mengikuti kelas-kelas. Hari pertama diisi dengan kegiatan Graduate Mentorship Program serta Journalism Workshop. Materi meliputi mobile journalism, jurnalis di era kekinian, serta tampil beda dengan konten eksklusif.

Salah satu pembicara, Wakil Redaktur Pelaksana Liputan6.com, Marco Tampubolon, menjelaskan soal dasar-dasar penulisan berita. Mahasiswa diajak mengenal nilai berita sampai teknik penulisan berita.

"Jangan nulis yang biasa-biasa saja, tapi harus menarik. Jangan lupa juga semua elemen berita dipenuhi," jelasnya.

Pada kesempatan selanjutnya, Wakil Redaktur Pelaksana Bintang.com Eddy Suherly memberi kisi-kisi soal pengemasan konten biasa dan konten eksklusif di media online.

"Konten eksklusif itu perpaduan teknik fotografi dan penulisan narasi yang mendalam," jelasnya.

Para peserta tampak antusias mengikuti pemaparan materi. Akhyat Sulkhan, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta berharap mendapat pengetahuan seputar media dari rangkaian acara ini.

"Siapa tahu dapat kenalan cantik," katanya di sela workshop EGTC 2017.Ebby Syahrizal, mahasiswa Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial, dan Humaniora Universitas Aisyiah Yogyakarta, mengaku mendapat informasi EGTC 2017 dari kampus.

"Pingin belajar dan cari informasi lebih banyak soal berita, penulisan, dan semacamnya," katanya.

EGTC 2017 kali akan berlanjut hingga Rabu. Hari kedua, Selasa, 31 Oktober 2017, beberapa pembicara terkenal akan membagikan pengalaman dan rahasia sukses mereka. Mereka adalah Muhamad Fajrin Rasyid (Co-Founder Bukalapak), Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan RI), Dude Herlino (aktor), dan Demian (ilusionis internasional).

Tak kalah seru dari hari-hari sebelumnya, hari terakhir pada Rabu diisi dengan pembicara yang tak kalah menginspirasi. Sebut saja Adrian Anwar (VP Business Development BBM), Tung Desem Waringin (motivator), Nuning Rodiyah (Komisioner KPI), serta Ira Kusno (PR & Media Consultant).

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.