Sukses

Pengungsi Gunung Agung Senang Bisa Rayakan Galungan di Rumah

Setelah diizinkan pulang, warga yang sempat mengungsi sejak status awas Gunung Agung mengaku senang bisa merayakan Galungan di rumahnya.

Liputan6.com, Klungkung - Para pengungsi Gunung Agung di Kabupaten Klungkung, Bali, memilih pulang ke rumah masing-masing di berbagai wilayah di Kabupaten Karangsem untuk merayakan hari raya Galungan, hari kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (keburukan).

"Kami memilih di rumah saja merayakan Galungan. Status juga sudah lebih aman. Jadi tidak perlu takut lagi berada di rumah," kata Ketut Suada (51), pengungsi asal Desa Muncan, Kabupaten Karangasem, seperti dilansir Antara, Senin (30/10/2017).

Menurutnya, peringatan Galungan setiap enam bulan sekali merupakan hal penting. Selain merupakan hari besar keagamaan, hari besar ini juga sebagai sarana berkumpul dan bercengkerama dengan sanak keluarga di kampung halaman.

Terlebih, hampir sebulan lebih dia dan keluarga berada di pengungsian warga terdampak Gunung Agung di GOR Swecapura, Klungkung, yang jauh dari rumahnya di Muncan.

"Kami sudah lama tidak berkumpul dengan sanak keluarga di desa. Pengungsi asal Muncan tersebar di berbagai wilayah di Klungkung," tutur dia.

Setelah dipulangkan, Suada mengaku akan tetap berada di rumah sembari menunggu informasi lanjutan dari kepala desa dan pemerintah daerah.

"Saya ikut saja apa keputusan pemerintah. Kalau pulang ya pulang, kalau disuruh mengungsi kami akan kembali lagi ke pengungsian," paparnya.

Salah satu pengungsi asal Desa Muncan, Nyoman Parwata (45), mengungkapkan akan kembali ke pengungsian setelah selesai melaksanakan ritual upacara Galungan di desa.

"Saya akan kembali lagi nanti setelah selesai Galungan. Saya masih merasa takut berada di rumah karena statusnya masih siaga," kata Parwata.

Galungan merupakan salah satu hari suci besar umat Hindu di Pulau Dewata setiap enam bulan sekali. Galungan diperingati dengan melaksanakan persembahyangan di pura.

Selain itu, hari raya ini juga dimanfaatkan sebagai sarana berkumpul dan bertegur sapa dengan sanak keluarga pada Umanis Galungan atau sehari setelah hari suci Galungan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.