Sukses

Bupati Azwar Anas Tak Lupa Bebek Sinjay

Kuliner bebek Sinjay merupakan hidangan favorit Bupati Banyuwangi Azwar Anas dan keluarga.

Liputan6.com, Bangkalan - Bupati Banyuwangi Azwar Anas, tipe suami yang sayang keluarga. Kasih sayangnya itu tampak saat dia berkunjung ke Pulau Madura, Jawa Timur (Jatim), Sabtu, 28 Oktober 2017.

Sejatinya, lawatan Azwar ke Madura, dalam rangka safari politik. Agenda kunjungannya padat, meliputi empat kabupaten, yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Dia harus bersafari politik karena saat ini tengah dicalonkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Pilkada Jatim 2018 sebagai calon wakil gubernur mendampingi Saifullah Yusuf alias Gus Ipul yang diusung sebagai calon gubernur.

Toh, sekalipun agendanya padat, Azwar masih sempat membelikan oleh-oleh untuk istri dan anaknya saat tiba di Kabupaten Bangkalan, yaitu hidangan Bebek Sinjay. Kuliner yang terkenal karena sambal pencitnya itu dibeli Azwar karena tahu anaknya menggemari bebek Sinjay.

"Mumpung di Bangkalan, saya bungkus banyak (hidangan bebek Sinjay), ada di mobil," ucap dia, seusai bertemu dengan pengurus dan kader DPC PDIP Kabupaten Bangkalan.

Menurut Azwar, Bebek Sinjay hanya contoh kecil akan kekayaan Pulau Madura yang punya potensi besar untuk dikembangkan. Dia mencontohkan kehidupan orang Madura yang agamis sangat pas untuk pengembangan wisata halal.

Di luar negeri, kata Azwar, daerah di Indonesia yang terkenal karena halal tourism hanya Lombok, padahal warga Madura juga sangat taat dalam menjalankan nilai-nilai keagamaan. "Saya pikir Madura sangat pas untuk menerapkan halal tourism," kata dia.

Di Bangkalan, Azwar memulai safari politiknya ke makam ulama kharismatik Bangkalan, Syaikhoba Cholil. Setelah itu silaturahmi dengan pengurus DPC PDIP Bangkalan. Azwar juga berdiskusi untuk identifikasi permasalahan di Madura.

"Saya punya bayangan, Madura ke depan, Madura perlu menjadi skala prioritas. Hasil identifikasi permasalahan kemiskinan dan sosial di Jatim, Madura termasuk yang perlu penanganan dan pendekatan khusus," Azwar Anas memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.