Sukses

Sigapnya Gubernur Tolong Emak-Emak Pengendara Motor yang Tercebur

Saat Gubernur Ganjar turun dari mobilnya, emak-emak itu sedang bersusah payah mengangkat sepeda motornya.

Liputan6.com, Pekalongan - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menolong emak-emak pengendara sepeda motor yang tercebur di selokan di tepi Jalan Raya Kesesi Rejo, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pekalongan.

Saat dalam perjalanan menuju SMA Negeri 1 Bojong Pekalongan, Gubernur Ganjar Pranowo tiba-tiba memerintahkan sopirnya berhenti. Orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah itu segera turun dari mobil dinas yang ditumpanginya.

Ternyata, Ganjar melihat seorang perempuan berjilbab ungu yang belakangan diketahui bernama Sudiyah itu tercebur ke selokan. Emak-emak itu sedang bersusah payah mengangkat sepeda motornya.

Beberapa personel Polda Jateng yang mengawal setiap kunjungan kerja Gubernur ke daerah juga ikut turun membantu. "Motornya dilepaskan saja Bu, Ibu naik ke atas dulu, saya bantu," ucap Bripka Benny Wahyutomo sembari mengulurkan tangan kepada perempuan tersebut, Kamis (26/10/2017), dilansir Antara.

Ketika rombongan mobil Gubernur Jateng berhenti di lokasi kejadian, sepeda motor merek Honda Vario hitam bernomor polisi G 6472 VM itu terlihat sudah dalam posisi miring di atas selokan dengan ketinggian air sekitar 30 sentimeter. Sedangkan kedua kaki Sudiyah terendam air selokan.

"Bagaimana kok bisa seperti tadi (tercebur ke selokan), Bu? Tidak ada yang luka?" tanya Ganjar kepada Sudiyah dengan menggunakan bahasa Jawa.

Mendengar pertanyaan sang Gubernur, Sudiyah hanya menggeleng-gelengkan kepalanya karena diduga masih terkejut dengan insiden yang baru dialaminya. Setelah sedikit tenang, Sudiyah kemudian bercerita bahwa dirinya tercebur ke selokan karena motornya dipepet truk yang berjalan searah.

"Kulo mboten nopo-nopo (saya tidak kenapa-kenapa), Pak," ujarnya.

Setelah memastikan kondisi Sudiyah baik-baik saja, Ganjar kemudian bertanya mengapa ibu rumah tangga itu tidak mengenakan helm. Meskipun mengendarai motor dalam jarak dekat, Ganjar berpesan agar Sudiyah tetap harus memakai helm sesuai peraturan lalu lintas yang berlaku.

Tak lama berselang, Gubernur Ganjar Pranowo mempersilakan emak-emak pengendara motor itu melanjutkan perjalanan. Ganjar kemudian masuk mobil menuju SMAN 1 Bojong, Pekalongan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.