Sukses

Peristirahatan Terakhir Anggota Brimob Korban Penembakan di Papua

Tangisan pecah di rumah duka, menyambut kedatangan jenazah Briptu Berry Permana Putra, anggota Brimob korban penembakan di Mimika.

Liputan6.com, Bengkulu - Tangisan pecah di rumah duka, menyambut kedatangan jenazah Briptu Berry Permana Putra, anggota Brimob Detasemen B Papua di Kompleks Pepabri Blok D1 Nomor 7, Kelurahan Lingkar Barat, Kota Bengkulu.

Briptu Berry Permana Putra merupakan korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di area Kampung Utikini Lama, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, pada Minggu sore, 22 Oktober 2017.

Peti jenazah Briptu Berry yang tiba di Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu, pagi tadi sekitar pukul 08.45 WIB, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 298, langsung diserahkan kepada pihak keluarga dengan penyambutan militer. Istri korban, Wyndha Dewanty Gumay, terlihat gontai saat melangkah keluar dari ambulans mengiringi peti jenazah suaminya menuju rumah duka.

Ratusan anggota keluarga, rekan sesama anggota Satuan Brimob bersama para pelayat juga tak kuasa membendung air mata. Ibunda Berry, Lena Silawati bersama kedua adiknya juga larut dalam isak tangis ketika peti jenazah memasuki rumah duka untuk disemayamkan.

"Kami bangga, dia korbankan jiwanya untuk negara ini, kami bangga, dan rela," ujar Wyndha, istri Briptu Berry, sambil berurai air mata, Selasa (24/10/2017).

Pemakaman Briptu Berry yang sudah mendapat kenaikan pangkat satu tingkat karena meninggal dalam menjalankan tugas negara ini akan berlangsung pada pukul 14.00 WIB yang dipimpin langsung Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Coki Manurung, di Taman Makam Pahlawan Balai Buntar, Kota Bengkulu.

Sebelum dimakamkan, jenazah Briptu Berry disalatkan di Masjid Nur Qolbi, Kompleks Pepabri. Selanjutnya, prosesi penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada Polda Bengkulu.

Kasubbid Penmas Polda Bengkulu Kompol Mulyadi mengatakan, kenaikan pangkat kehormatan satu tingkat itu sebagai bentuk pernghargaan atas jasa almarhum kepada negara. Penghargaan lain adalah jasad almarhum akan dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan dengan inspektur upacara langsung dipimpin Kapolda Bengkulu.

"Seluruh prosesi dilakukan oleh pasukan Brimob sebagai kesatuan tempat almarhum mengabdi," kata Mulyadi.

Simak video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.