Sukses

Mengenal Lebih Dekat Briptu Berry, Brimob Korban Penembakan Papua

Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Coki Manurung mengatakan, kedatangan jenazah Briptu Berry di Bengkulu akan disambut secara militer.

Liputan6.com, Bengkulu - Briptu Berry Permana Putra, anggota Detasemen B [Brimob](Brimob "") Polda Papua, korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di area Kampung Utikini Lama, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika Papua pada Minggu, 22 Oktober 2017 kemarin akan dimakamkan secara militer. Jenazah putra pertama pasangan Jahidin (alm) dan Lena Silawati dijadwalkan tiba di Bengkulu pada Selasa pagi menggunakan penerbangan komersial.

Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Coki Manurung mengatakan, kedatangan jenazah Briptu Berry di Bengkulu akan disambut secara militer dan dilepas juga dengan upacara militer di Taman Makam Pahlawan Balai Buntar Kota Bengkulu. Penghormatan terakhir bagi anggota Detasemen B Brimob Polda Papua itu merupakan keharusan, sebab Berry meninggal saat melaksanakan tugas negara.

"Semua prosesi dilakukan secara militer dan sudah mendapat persetujuan pihak keluarga korban," ujar Kapolda di Bengkulu, Seini, 23 Oktober 2017.

Pantauan Liputan6.com di rumah duka Komplek Pepabri Blok D.1 Nomor 7 Kelurahan Lingkar Barat Kota Bengkulu, terlihat puluhan karangan bunga memenuhi perumahan yang mayoritas dihuni keluarga para pejuang kemerdekaan dan pensiunan ABRI tersebut.

Menariknya, pada karangan bunga yang dikirim Kapolda dan Kapolres Bengkulu tertulis nama Brigpol Anumerta Berry Permana Putra. Artinya pangkat yang tertulis tersebut satu tingkat di atas pangkat terakhir Briptu Berry.

Ketua RT 18 RW 04 Kelurahan Lingkar Barat Syaiful Rahman Arif mengatakan, beberapa papan karangan bunga masih tertulis nama Berry dengan pangkat Briptu, cuma dua karangan bunga yang menulis Brigpol Anumerta. Kemungkinan kenaikan pangkat istimewa ini akan diumumkan sesaat sebelum pemakaman.

"Secara resmi belum ada pemberitahuan, tetapi papan karangan bunga ini jelas menunjukkan ada kenaikan pangkat istimewa," tegas Syaiful.

Berdsarakan data yang tercatat di administrasi RT, Berry Permana Putra merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Adiknya Bripda Yohanna Aprilia juga merupakan anggota Polri yang bertugas di kesatuan Jatanras Polda Bengkulu. Sedangkan adik bungsunya bernama Yogi Prasetya saat ini masih duduk di kelas XII SMA Negeri 3 Kota Bengkulu.

Berry Permana Putra lahir di Palembang tanggal 13 Juni tahun 1990, sebelum menjalani pendidikan di kepolisian, almarhum menamatkan pendidikan di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu tahun 2008. Bertugas sebagai anggota Detasemen B Brimob Polda Papua sejak tahun 2011. Almarhum juga merupakan pengantin baru yang menikahi gadis asal Kepahiang, Wyndha Dewanty Gumay pada tanggal 17 Maret 2017 lalu.

"Dalam pergaulan dia anak yang baik dan sangat menyayangi ibunya," kata Syaiful Rahman Arif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.