Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Gunung Agung Menggembung, Apa Mau Meletus?

Liputan6.com, Bali - Top 3 Berita Hari Ini, status Gunung Agung di Karangasem, Bali hingga kini masih berstatus awas. Dari hasil pengamatan menggunakan satelit, puncak gunung tersebut kini tengah mengalami pengembungan seluas 6 sentimter. Itu artinya ada desakan magma yang kuat besar dari bawah punvak Gunung Agung.

Sementara itu, penganiayaan hingga berujung terbunuhnya Ketua DPRD Kolaka Utara, Musakkir Sarira hingga kini masih menyisakan misteri. 

Siapa wanita yang menghubungi korban via telepon hingga menyebabkan sang istri yang merasa cemburu nekat menikam dada Musakkir dengan pisau?

Bicara soal alat musik, di Bandung, Jawa Barat, sebuah gitar akustik hasil karya anak negeri berhasil menyita perhatian dunia dengan keunikannya. Apa yang membuat gitar ini unik?

Karena ketebalan gitar ini hanya 8 milimeter atau 10 kali lipat lebih tipis dibandingkan gitar akustik pada umumnya.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini

1. Puncak Gunung Agung Menggembung 6 Cm, Apa Artinya?

Energi kegempaan Gunung Agung sudah menurun jika dibandingkan ketika saat pertama kali ditetapkan status Awas pada 22 September 2017. (dok. BNPB)

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani menjelaskan dilihat dari pengukuran kemiringan menggunakan tieltmeter, Gunung Agung konsisten menunjukkan kemiringan.

Menurut dia, kemiringan yang menyebabkan terjadinya deformasi atau penggembungan itu imbas dari aktivitas magma di tubuh gunung setinggi 3.142 mdpl itu yang sangat tinggi.

Besaran penggembungan yang juga disebut up-lifting itu mencapai sekitar 6 cm. Namun, pada bagian tebing gunung setinggi 3.142 mdpl itu mengalami deflasi atau pengempisan.

Apakah itu menandakan aktivitas vulkanik sedang meningkat?

Selengkapnya...

2. Misteri SMS Pembawa Prahara Rumah Tangga Ketua DPRD Kolaka Utara

Bukan sekali Ketua DPRD Kolaka Utara itu cekcok dengan sang istri akibat cemburu. Ponsel korban bahkan pernah dibanting. (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Ketua DPRD Kolaka Utara, Musakkir Sarira, ditikam di dada sebelah kanan oleh istrinya sendiri, Andi Erni Astuti, Selasa, 18 Oktober 2017. 

Terbunuhnya Ketua DPRD Kolaka Utara diawali dengan cekcok di dalam kamar tidur. Sang istri memarahi suaminya yang kedapatan berhubungan dengan wanita lain via handphone.

Polisi juga belum menjelaskan secara detail siapa pengirim SMS, foto, atau wanita yang menghubungi korban via telepon yang menyebabkan Andi Erni Astuti menikam suaminya malam itu.

Selengkapnya...

3. Belum Dijual, Gitar Tipis dari Bandung Sudah Curi Perhatian Dunia

Gitar tipis kreasi warga Bandung itu hanya memiliki ketebalan 8 milimeter atau sepuluh kali lebih tipis dari gitar akustik biasa. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Gitar akustik asal Bandung, Jawa Barat, mampu mencuri perhatian dunia. Pasalnya, ketebalan gitar bernama Anymo hanya 8 milimeter atau 10 kali lipat lebih tipis dibandingkan gitar akustik umumnya.

Adalah Raka Shiddiq (33), si perancang gitar akustik unik itu. Meski tipis, suara yang dihasilkan Anymo Esntial Guitar milik Raka tidak jauh berbeda dengan gitar akustik pada umumnya.

Menurut Raka, lebih efisien dari segi bahan baku. Selain itu, proses pengerjaannya lebih cepat. Satu gitar akustik tipis saat ini dapat diselesaikan dalam waktu tiga minggu.

Selengkapnya...