Sukses

Empat MC Kondang Solo Bakal Pandu Pernikahan Kahiyang Ayu

Menurut keempat pambyawara alias MC itu, keluarga Presiden Jokowi tidak memiliki permintaan khusus untuk acara pernikahan Kahiyang Ayu.

Liputan6.com, Solo - Pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution digelar pada 8 November 2017. Persiapan pernikahan sudah dilakukan oleh keluarga Presiden Jokowi. Salah satunya, menyiapkan Master of Ceremony (MC) atau pembawa acara pernikahan adat Jawa itu.

Ada empat MC asli Solo yang akan memandu acara pernikahan Kahiyang dan Bobby ini. Juru bicara keluarga Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menyebutkan empat MC pernikahan dari Solo, yaitu Taufiq Widodo, Umiyatsih, Slamet Abi, dan Widarsih.

"Semuanya dari Solo, " kata dia di Solo, Kamis, 19 Oktober 2017.

Pemilihan MC pernikahan ini tak lain karena sosok-sosok ini masuk dalam bagian paket pernikahan dari wedding organizer Chili Pari. "Mereka yang membantu kita ini sudah pengalaman menyiapkan pernikahan, " kata dia.

Salah satu MC pernikahan yang ditunjuk, Taufiq Widodo, menjelaskan bahwa dirinya sudah lebih dari 30 tahun menjalani profesi pambyawara (MC berbahasa Jawa). Kelihaiannya berbahasa Jawa tak lepas dari ilmu yang digelutinya, Sastra Daerah. "Sudah 32 tahun jadi pambyawara, " kata dia.

Empat MC Jawa Bakal Pandu Pernikahan Kahiyang. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Taufiq Widodo mengaku tak ada persiapan khusus untuk memandu acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang menggunakan konsep Jawa klasik. Maklum, Taufiq ini juga pernah memandu acara pernikahan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda pada 2015 lalu.

"Keluarga Pak Jokowi tidak ada permintaan khusus. Mereka memang keluarga yang sederhana kok. Kalau Jawa yang lumrahnya bagaimana (sesuai standar Jawa), " jelas dia.

Lelaki yang berusia 52 tahun ini sejatinya sudah lama bekerja sama dengan Gibran Rakabuming Raka. Taufiq menjadi bagian dalam paket pernikahan dalam wedding organizer Chili Pari. "Sejak Mas Gibran mengelola Chili Pari, saya sudah bergabung dengannya. Ya sekitar 6-7 tahun lalu, " kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.