Sukses

Terdengar Suara Ketukan Pintu, Begitu Dibuka Buaya Menganga

Kemunculan buaya ganas ini membuat takut warga bantaran Sungai Mentaya, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Liputan6.com, Sampit - Ancaman serangan buaya semakin membuat takut masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Mentaya, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Bukan apa-apa, buaya di sana sudah mampir dan naik sampai ke depan pintu rumah warga.

Seperti kejadian di rumah yang dihuni Sugian dan Enor, buaya naik sampai depan rumah. "Saat tengah malam, terdengar suara seperti orang mengetuk pintu, begitu dibuka, ternyata buaya menganga," ucap Camat Pulau Hanaut, Eddy Mashami, di Sampit, Rabu, 18 Oktober 2017, dilansir Antara.

Pemilik rumah kemudian lari ke dalam, untungnya buayanya juga mencebur ke sungai. "Suara ketukan itu diduga berasal dari kibasan ekor buaya ke pintu," Eddy menambahkan.

Buaya memang kerap muncul di Sungai Mentaya dekat permukiman. Beberapa hari terakhir, buaya muncul malam hari saat air sungai pasang, sehingga predator ganas itu dengan mudah naik ke bantaran sungai. Reptil raksasa itu bahkan naik ke pelataran rumah warga di pinggir sungai.

Buaya-buaya muara itu diduga mengincar ternak milik warga, di antaranya ayam dan itik. Namun dikhawatirkan, konflik buaya dengan manusia tidak terhindarkan jika hewan ganas itu semakin sering masuk ke permukiman penduduk.

Saat ini sebagian masyarakat makin berhati-hati saat beraktivitas di sungai. Beberapa warga bahkan mulai membuat toilet di darat karena takut diserang buaya saat di sungai, khususnya pada malam hari.

Mashami menegaskan, ancaman serangan buaya tidak bisa dianggap sepele, apalagi kini binatang tersebut semakin sering muncul di sekitar permukiman. Padahal, sebelumnya, buaya sangat jarang terlihat, paling sekitar tiga bulan sekali muncul. Namun, saat ini, setiap hari ada laporan warga yang melihat buaya muncul.

"Tadi malam ada lagi warga Desa Hanaut yang melaporkan melihat buaya muncul dekat rumah mereka," tuturnya.

Dua hari lalu, imbuh Eddy, ada empat buaya berjejer di pinggir sungai saat surut. Buaya ukuran dua meter itu sudah termasuk kategori berbahaya karena bisa memangsa manusia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buaya Kerap Meneror

Serangan buaya terhadap warga sudah banyak memakan korban. Di Kecamatan Pulau Hanaut, tahun lalu, ada empat warga yang diterkam buaya. Dari empat orang itu, hanya satu korban yang jenazahnya ditemukan, sedangkan tiga orang lainnya hilang hingga saat ini. Tahun ini juga ada warga yang tangannya terluka akibat disambar buaya.

Menurut Eddy, jumlah tersebut belum termasuk korban sambaran buaya di lokasi lain seperti Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan dan Teluk Sampit. Meningkatnya kemunculan buaya, membuat ancaman binatang buas itu juga makin meningkat.

Untuk mencegah kembali jatuh korban jiwa, pemerintah kecamatan dan desa makin gencar mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat beraktivitas di sungai. Upaya lainnya adalah memberikan bantuan jaring untuk mencegah buaya masuk ke lingkungan rumah warga.

Dia mengatakan pula, pihaknya akan mengalokasikan anggaran pada 2018 untuk membeli lebih banyak lagi jaring untuk dibagikan kepada masyarakat. Pemerintah desa diminta juga mengalokasikan anggaran untuk bantuan jaring tersebut, khususnya untuk rumah-rumah yang rawan dinaiki buaya karena letaknya di pinggir sungai dan posisinya rendah.

Pemerintah kecamatan berterima kasih dengan kedatangan tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah. Namun untuk penanganan jangka panjang, diperlukan langkah lain seperti survei populasi buaya serta langkah nyata mencegah serangan buaya terhadap warga.

Buaya sungai memang termasuk binatang yang dilindungi. Namun, jika sudah sangat mengancam keselamatan masyarakat, tentu keselamatan masyarakat yang harus diutamakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.