Sukses

Sensasi Pagi di Hamparan Pasir Putih Pulau Saronde Gorontalo

Keindahan pagi di hamparan pasir putih Pulau Saronde, Gorontalo Utara, seolah membius para wisatawan yang datang berlibur.

Liputan6.com, Gorontalo - Butuh sekitar 30 menit dengan menggunakan perahu untuk bisa tiba di Pulau Saronde dari Pelabuhan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Waktu akan lebih lama jika ada memulai perjalanan dari Kota Gorontalo.

Sekitar dua jam ke arah utara untuk dapat tiba di lokasi ini. Pagi itu di Pelabuhan Kwandang, telah menunggu perahu katinting yang selalu siap sedia mengantarkan ke Pulau saronde. Tarifnya Rp 25 ribu per orang.

Sepanjang perjalanan menuju Pulau Saronde, dari atas perahu katinting, para wisatawan bisa menikmati deretan gunung dan rumah-rumah nelayan tradisional di pulau yang lebih besar, yaitu Kepulauan Ponelo. Pulau Saronde memang termasuk kawasan wilayah tersebut.

Dengan menggunakan jasa perahu katinting, wisatawan dapat menikmati keindahan sekitar Pulau Saronde, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo. (Liputan6.com/Aldiansyah Mochammad Fachrurrozy)

Setelah perjalanan yang cukup panjang, bersiaplah disambut dengan hamparan pasir putih nan lembut saat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Saronde.

Pasir putih memang menjadi salah satu keindahan yang ditawarkan oleh pulau ini. Belum lagi, perairannya yang tenang dan tidak dalam, seolah menjadi surga bagi yang hobi berenang.

Berenang menjadi pilihan ketika berlibur di Pulau Saronde, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo. (Liputan6.com/Aldiansyah Mochammad Fachrurrozy)

Jika lelah berenang, para pelancong bisa beristrihat di bawah teduhnya jejeran hutan pinus yang terletak tak jauh dari pantai pasir putih Pulau Saronde, ditemani semilir angin pantai.

"Saronde, indah," ucap Sophie Liehr, wisatawan asal Jerman yang pagi itu datang bersama rekannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keindahan 'Membius' Wisatawan

Bagi pencinta selfie atau swafoto, untuk mendapatkan momen terbaik di pulau ini disarankan datang sepagi mungkin. Sinar mentari pagi dari ufuk timur di birunya langit dan warna hijau perairan seolah berpadu melahirkan satu keindahan yang pantas diabadikan melalui bidikan foto.

Pulau Saronde pun kerap dipilih oleh para fotografer atau pasangan yang akan menikah sebagai lokasi prawedding.

Banyak spot untuk lokasi foto prawedding di Pulau Saronde, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo. (Liputan6.com/Aldiansyah Mochammad Fachrurrozy)

"Pantainya bersih, vegetasi hutannya bagus, pokoknya banyak spot-spot menawan yang cocok untuk foto," ujar Yudistira Saleh, pengunjung yang sengaja datang untuk sesi foto prawedding atau foto menjelang pernikahan.

Untuk masuk ke Pulau Saronde, setiap pengunjung cukup merogoh kocek Rp 25 ribu. Bagi yang berencana menginap, bisa memilih deretan cotagge atau bungalo berbentuk rumah panggung yang disiapkan oleh pengelola pulau dengan tarif berkisar Rp 400 ribu hingga 500 ribu per malam.

Cotagge atau bungalo untuk wisatawan yang menginap di Pulau Saronde, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo. (Liputan6.com/Aldiansyah Mochammad Fachrurrozy)

Namun, jika ingin berhemat, wisatawan diizinkan memasang tenda di sepanjang pesisir pantai, dengan biaya Rp 10 ribu per malam.

Pada Sabtu dan Minggu ataupun hari libur nasional, Pulau Saronde ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya.

Nah, bagi Anda yang tertarik ingin mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda dan "membius", silakan berkunjung ke Pulau Saronde, Kabupaten Gorontalo Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.