Sukses

Daftar Menu Sunda Istimewa untuk Presiden Jokowi di Garut

Liputan6.com, Garut - Kedatangan orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal bertambah hangat dengan hidangan kudapan khas menu Sunda. Menu spesial ini siap memanjakan lidah mantan Gubernur DKI Jakarta saat kunjungan kerja dan silaturahmi singkat di Kota Dodol, Garut, Jawa Barat hari ini, Selasa (17/10/2017).

"Total ada 18 menu yang kami haturkan buat bapak Presiden Jokowi, semoga beliau berkenan dan menikmati," ujar Eet Kurniasih, penanggung jawab sekaligus pemilik Edhias Catering saat ditemui Liputan6.com di sela-sela kesibukan menyiapkan menu makanan buat Presiden Jokowi dan tamu rombongan di Pesantren Darul Arqam, Selasa (17/10/2017).

Sesuai dengan standar menu makanan pihak istana, seluruh menu makanan yang disajikan berasal dari bahan dasar kelas satu, sehat, dan aman, sesuai syariat Islam.

"Tadi pagi sudah dicek sama delapan dokter pihak istana mengenai makanan yang akan disajikan, dan alhamdulillah lolos serta dapat pujian kateringnya bersih dan enak," ujarnya.

Beberapa menu makanan tradisional khas sunda yang siap memanjakan lidah Presiden Jokowi dan rombongan selama setengah hari di Garut antara lain Pindang Ecot, Gepuk, Beef Teriyaki, Ayam Goreng, Balado Telur, Salad, sup komplet yang berisi sosis, baso, ayam, dan sayur.

Menu Sunda Tradisional Siap Manjakan Lidah Jokowi di Garut. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Ada pula sayur asam, kambing guling, kakap asam manis, kerecek tahu, baso tahu, aneka jus hingga air mineral produk pesantren Darul Arqam. "Untuk air minum, kami sajikan air Muhammadiyah Suli 5, merek kami sendiri, yang sudah standar kesehatan sesuai instruksi pihak istana," kata dia.

Selama di Garut, Presiden Jokowi akan menghadiri Rapat Koordinaasi Nasional Pondok Pesantren Muhammadiyah di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah, Kabupaten Garut. Sedangkan pada sore harinya, Presiden akan menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat di Kabupaten Garut.

Rencananya, setelah agenda itu, Presiden Jokowi beserta rombongan tamu undangan akan dilayani menu makanan di ruang makan tsanawiyah putri. "Sejak tadi, lokasi buat makan sudah steril dan dijaga," kata Eet.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Garut adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat, Indonesia.
    Garut adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat, Indonesia.

    Garut

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi