Sukses

Jokowi Minta Undip Buka Fakultas Ekonomi Digital

Liputan6.com, Semarang - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memberikan kuliah umum di depan mahasiswa angkatan 2017, dalam peringatan Dies Natalis ke-60 Undip Semarang. Dalam pidatonya, Presiden mendorong dibentuknya Fakultas Ekonomi Digital sebagai respons berubahnya perilaku sosial masyarakat.

Finalis Citizen Journalist Academy Liputan6.com Semarang, Gina Mardani Cahyaningtyas, Zahid Arofat, dan Istiqomah Sheylla yang meliput kuliah umum itu melaporkan bahwa Presiden membuka pidatonya dengan penjelasan capaian infrastruktur hingga perkembangan tekonologi saat ini.

"Waktu saya ke sini hanya 1,5 jam  terus balik lagi. Hanya khusus untuk Undip," kata Jokowi, Selasa (17/10/2017).

Jokowi menjelaskan ada perubahan perilaku sosial karena perkembangan teknologi saat ini. Misalnya, alat pembayaran sudah mulai menggunakan non-tunai, belanja tanpa harus ke toko, hingga mengatasi rasa lapar yang siap dengan jasa antar online.

Presiden Jokowi menyampaikan pidato ilmiah dalam kuliah umum Dies Natalis ke-60 Undip di Semarang. (foto : Liputan6.com/Istiqomah Sheylla/Edhie Prayitno Ige)

"Saya mau beli satai, sekarang pakai Go-Food dateng, 10 menit," kata Jokowi.

Dengan perkembangan itu, Jokowi meminta agar perguruan tinggi juga ikut berkembang. Ia menyarankan agar Undip membuat Fakultas Digital Ekonomi untuk mengantisipasi perkembangan dunia bisnis masa kini. Apalagi, kata Jokowi, sejumlah negara sudah lebih dulu membuka fakultas untuk mendukung ekonomi digital.

"Sebelum universitas lain, dahului. Fakultas ekonomi digital, jurusannya bisa jurusan toko online, bisa saja aplikasi sistem, bisa saja finansial teknologi, bisa saja jurusan meme. Jurusannya meme. Memang sekarang era digital meme. Kita harus berubah ke sana," kata Jokowi diikuti tepuk tangan mahasiswa dan undangan yang hadir.

Bukan hanya secara teknologi, metode pembelajaran juga harus disesuaikan untuk para generasi muda atau generasi Y. Perguruan tinggi harus punya langkah antisipasi agar generasi muda siap menghadapi perubahan dunia.

"Fasilitasi mahasiswa jadi pembelajar yang aktif, punya etos kerja tinggi," kata Jokowi.

Acara tersebut selain dihadiri Jokowi juga dihadiri Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menristekdikti M Nasir, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan dibuka oleh Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama.

(Peliput/penulis : Finalis Citizen Journalist Academy Semarang Kelas Menulis ~ Gina Mardani Cahyaningtyas, Zahid Arofat, Istiqomah Sheylla)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.