Sukses

Bilik Cinta untuk Pengungsi Gunung Agung

Liputan6.com, Karangasem - Direktur Bantuan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Wakil Koordinator Pos Pendamping BNPB, Eko Budiman, menjelaskan pihaknya sudah memberikan masukan terkait para pengungsi Gunung Agung tentang pentingnya bilik cinta. Bahkan, Eko mengaku sudah memberikan peringatan khusus terhadap persoalan ini.

"Kami sudah memberikan semacam warning, karena ini sudah memasuki minggu keempat. Apakah mereka (pengungsi) dapat bilik cinta? Masalah itu kan manusiawi," kata Eko saat ditemui Liputan6.com di Pos Komando Tanah Ampo, Karangasem, Bali, Senin (16/10/2017).

Menurut dia, bilik cinta sangat perlu diberikan kepada para pengungsi. Namun, Eko menambahkan, pendirian bilik cinta juga harus memenuhi standar kelayakan tempat. Di antaranya, bilik cinta tidak terlalu jauh dari lokasi pengungsi.

"Kedua, bagaimana orang itu tidak terganggu privasinya. Kita juga harus pikirkan privasi mereka. Nanti ada yang masuk bilik cinta jadi tontonan orang banyak. Akhirnya tidak jadi masuk," ucap dia.

Eko melanjutkan, pertimbangan seperti itu yang nanti bisa melatarbelakangi para pengungsi Gunung Agung nekat pulang ke rumahnya hanya untuk menyalurkan kebutuhan biologisnya.

"Bilik cinta bisa dibuat dengan memegang teguh privasi para pengungsi. Agar tidak terlihat dengan sesama pengungsi atau anak-anak mereka. Nanti malah jadi pertanyaan buat anak-anaknya, 'papa mama lagi ngapain sih'," ujarnya.

Eko menambahkan, pembangunan bilik cinta berjumlah lebih dari satu. Agar pengungsi Gunung Agung tidak perlu menunggu sepi untuk menyalurkan kebutuhan biologisnya.

"Kalau mereka nunggu sepi atau orang tidur baru masuk sampai kapan? Di pengungsian tempatnya terang benderang dan ramai terus. Jadi, ini tadi yang sudah kita sampaikan saat rapat bersama Bupati Karangasem dan instansi-instansi terkait," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.