Sukses

Berburu Tumpeng Ritual Bersih Desa di Kediri

Masih bulan Sura, warga memadati Punden Leluhur di Desa Sukorejo, Kediri, untuk meggelar ritual bersih desa.

Liputan6.com, Kediri - Ribuan warga memadati Punden Leluhur di Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Mereka sedang menyaksikan acara ritual bersih Desa, Kamis, 12 Oktober 2017.

Kegiatan bersih desa ini diisi dengan rangkaian kegiatan di antaranya pawai seribu tumpeng, yang diarak mulai dari rumah kepala desa hingga ke Punden Leluhur setempat.

Setibanya di Punden Leluhur, ritual dilanjutkan dengan menggelar doa bersama. Setelah doa selesai, warga yang tak sabar, spontan saling berebut tumpeng di lokasi.Ribuan warga berebut tumpeng dalam ritual bersih desa di Kediri. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)Warga sudah sejak pagi menunggu di Pakunden. Milihat antusiasme warga, pihak panitia sudah mengantisipasinya dengan melakukan pengamanan, baik di luar maupun di dalam.

Warga meyakini, jika mendapat makanan tumpeng dalam ritual ini nantinya akan mendapat berkah. Hal inilah yang menjadi motivasi mereka untuk merangsek masuk hingga akhirnya berhasil merebut nasi-nasi tumpeng yang sudah dikemas kecil-kecil.

"Ini bagian dari tradisi setiap Suro. Agar diberi berkah sama Allah," kata Hijjah, salah satu warga desa setempat.Ribuan warga memadati Punden Leluhur di Desa Sukorejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Jawa Timur. Mereka sedang menyaksikan acara ritul gelar bersih Desa, Kamis (12/10/2017). (Liputan6.com/Dian Kurniawan)Tumpeng yang diarak oleh 700 peserta panitia ini berbagai macam. Ada yang beruapa sayur mayur, buah buahan, tahu kuning, dan sebagainya.

Menurut keterangan ketua panitia acara, Jati Utomo, ritual ini merupakan ungkapan terima kasih atau rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa karena selama satu tahun telah diberikan rezeki dan kesehatan‎.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.