Sukses

Intip Beskap Keluarga Presiden Jokowi untuk Pernikahan Kahiyang

Keluarga besar Presiden Jokowi memesan pakaian beskap untuk prosesi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di penjahit Busana Jawi Suratman.

Liputan6.com, Solo Berbagai persiapan telah dilakukan untuk pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution. Salah satunya, keluarga besar mantan Wali Kota Solo itu telah memesan pakaian beskap untuk prosesi pernikahan yang dilaksanakan pada 8 November 2017.

Keluarga besar Presiden Jokowi memesan pakaian tradisional Jawa khas gaya Surakarta itu di perajin busana tradisional Busana Jawi Suratman. Penjahit busana yang berdiri sejak tahun 1921 itu terletak di Jalan Teuku Umar Nomor 14, Keprabon, Solo, Jawa Tengah.

Pemilik Busana Jawi, Sugiyanto, mengatakan keluarga besar Presiden telah memesan pakaian beskap sejak awal bulan lalu. Jumlah pakaian tradisional itu yang dipesan sebanyak 70 potong.

"Beskap yang dipesan untuk kerabat seperti paman dan keponakan. Pesanan ini sepertinya bukan untuk keluarga inti. Ada sekitar 20 anggota keluarga Pak Jokowi yang akan mengenakannya," kata dia di Solo, Selasa, 10 Oktober 2017.Karyawan penjahit Busana Jawi Suratman sedang menunjukkan pakaian beskap pesanan keluarga Presiden Jokowi, Selasa (10/10).(Liputan6.com/Fajar Abrori)Menurut Sugiyanto, beskap yang dipesan itu terdiri dari dua model, yakni model beskap krowokan dan beskap sikepan. Beskap krowokan merupakan beskap biasa yang berwarna hitam. Sedangkan beskap sikepan adalah beskap yang terdapat rompi di dalamnya dan saat dikenakan kancingnya dibiarkan terbuka.

"Dua jenis pakaian beskap yang dipesan itu kelihatannya akan digunakan prosesi pernikahan mulai dari siraman, midodareni, ijab dan resepsi," ujar lelaki yang kerap disapa Pak Dhe No.

Selain memesan beskap, keluarga Jokowi juga menjahitkan jarik untuk kepentingan pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Ada empat motif jarik yang dijahitkan di tempatnya untuk bawahan, yaitu parang, wahyu gumulung, wahyu tumurun, dan jati kusumo.

"Jarik untuk bawahan setelah beskap sudah ada, tinggal dikaitkan. Ada sekitar 120 jarik. Kelihatannya untuk masing-masing keluarga berbeda-beda," kata dia.Karyawan penjahit Busana Jawi Suratman sedang menunjukkan jarik bawahan beskap yang merupakan pesanan keluarga Presiden Jokowi, Selasa (10/10).(Liputan6.com/Fajar Abrori)Saat ini, ia sedang menggarap pesanan untuk pernikahan Kahiyang Ayu. Ia menjanjikan seluruh pesanan itu akan selesai akhir bulan. Sejatinya di toko itu juga tersedia beragam perlengkapan busana Jawa. Tetapi, keluarga Jokowi hanya memesan baju beskap.

"Pak Jokowi memang seperti itu, jadi misal pesan di sini beskap. Terus selopnya di perajin lain. Pokoknya bagi-bagi rezeki," kata dia yang memang sudah menjadi langganan Jokowi sejak menjabat Wali Kota Solo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.