Sukses

Uji Adrenalin Pagi Hari di Arus Deras Sungai Cikangean

Tak jarang orang yang menjajal arus deras Sungai Cikangean yang tenggelam bahkan terseret arus.

Liputan6.com, Garut - Sudah menyiapkan rencana liburan pekan ini ke mana? Bagi anda penyuka wisata air yang menantang adrenalin, tak ada salahnya menjajal riverboarding di arus deras Sungai Cikangean, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Permainan ekstrem itu digagas oleh sekelompok pemuda yang menamai diri Jelajah Alam dan Pemelihara Lingkungan (Jamparing). Anggota komunitas yang tak lain adalah warga sekitar siap memandu dan mengajak anda berselancar di arus desar Sungai Cikaengan menggunakan papan selancar mini.

Di trek air deras sungai sepanjang hampir 10 kilometer ini, anda bakal disuguhi atraksi permainan dengan lima spot menantang. Salah satu titi pusaran air bahkan dijanjikan bakal membuat jantung Anda berdebar lebih kencang.

"Akan ada banyak sensasi yang didapatkan, lumayan menantang," ujar Ujang Nurjaman, salah seorang instruktur komunitas Jamparing, Jumat, 6 Oktober 2017.

Tak perlu khawatir jika Anda masih pemula. Ujang mengatakan akan ada pengenalan terlebih dulu, seperti kondisi medan yang akan dilalui, kesiapan mental pengunjung saat permainan dimulai, hingga kesiapan perlengkapan yang akan digunakan.

"Tentu yang dipasang pertama adalah helm pelampung, pengaman sikut, dan lutut juga kaki. Kita pantau terus selama bermain," kata dia.

Selama pengunjung berada di air, kata dia, ada dua tim yang diterjunkan. Mereka adalah tim darat yang mengawasi seluruh jalur, dan tim air yang mengikuti seluruh jalannya permainan.

"Ada juga tim yang membawa pengaman seperti tali lempar saat dibutuhkan ketika terjadi sesuatu," ucap dia.

Karena derasnya Sungai Cikaeangan, tak sedikit pengunjung yang terbalik bahkan tenggelam hingga terbawa arus sungai. "Tapi jangan salah, itu semua masih dalam jangkauan kita seluruh tim. Aman buat semua peserta," ujar Ujang.

Budi Budiarto, salah satu pengunjung asal Kota Garut menikmati sensasi permainan baru tersebut. Menurutnya, river boarding atau berselancar di atas arus deras sungai bukanlah pengalaman pertama.

"Memang sudah beberapa kali ikut, tapi tetap seru dan menantang," kata dia.

Meski permainan itu lebih cocok bagi kaum Adam, tak sedikit kaum Hawa yang mencobanya. Sebut saja Herlina, perempuan itu sengaja mencoba permainan yang menantang adrenalin ini.

"Permainannya asyik meskipun agak deg-degan ini baru pertama kali, tapi alhamdulillah lancar. Sempet tegang tapi setelah melewati beberapa spot, asyik juga," tuturnya.

Dengan penggunaan peralatan berselancar keamanan yang memadai, serta instruksi yang tepat dari para instruktur yang diterjunkan, rata-rata jarak sejauh itu hanya dilalui sekitar satu jam permainan dengan selancar karet.

Tertarik? Pengunjung cukup menyiapkan dana sebesar Rp 75 ribu per orang untuk tiket sekali berselancar yang cukup menantang ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.