Sukses

Ada Wayang Jogja Night Carnival Malam Ini, 2 Jalan Utama Ditutup

Wayang Jogja Night Carnival digelar untuk menyemarakkan HUT ke-26 Yogyakarta. Bakal ada belasan tokoh wayang beraksi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kota Yogya bakal menggelar Wayang Jogja Night Carnival untuk menyemarakkan hari ulang tahun ke-261 Yogyakarta. Sejumlah ruas jalan bakal ditutup selama karnaval berlangsung.

Dua ruas jalan yang dipastikan ditutup, yakni Jalan Sudirman dari ujung timur hingga Tugu Yogyakarta yang menjadi pusat kegiatan, dan Jalan Mangkubumi. Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Golkari Made Yulianto, mengatakan saat karnaval semua kendaraan dilarang memasuki jalur tersebut.

"Penutupan jalan mulai dilakukan pukul 17.30 WIB. Sementara, acara mulai pukul 18.00 WIB hingga 22.00 WIB," kata Yulianto, Jumat, 6 Oktober 2017.

Yulianto mengatakan, penutupan awal dimulai dari sisi timur di simpang toko buku Gramedia. Kemudian, Jalan Sabirin dari arah utara juga bakal ditutup. Lalu, kendaraan dari Jalan C Simanjuntak yang menuju Jalan Sudirman akan diarahkan ke timur dan akses ke barat ditutup.

"Jadi, nanti Jalan Sudirman bersih kendaraan. Penutupan ini ya agar kegiatan bisa jalan lancar dan baik," ujarnya.

Tidak hanya itu jalan menuju Jalan Sudirman akan ditutup dari di Simpang Jetis. Kendaraan dari Simpang Jetis harus melintas ke Jalan Wolter Monginsidi atau ke Jalan Sardjito. Penutupan juga dilakukan di Simpang Pingit dan tidak dibolehkan ke arah timur.

"Kami juga menempatkan petugas dinas perhubungan, polisi, dan Satpol PP. Jumlahnya sekitar 500-600 personel. Ada juga volunteer sekitar 300 orang," tuturnya.

Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Hari Purwanto menyiapkan sejumlah lokasi sebagai tempat parkir selama karnaval berlangsung. Area parkir itu ada di Jalan Poncowinatan, di depan tempat makan cepat saji di dekat Jalan Sudirman, dan di Jalan Diponegoro sisi selatan dan utara untuk tamu VIP dan VVIP.

"Tempat parkir memang berjarak dengan lokasi. Masyarakat bisa berjalan kaki ke lokasi," kata dia.

Hari mengatakan, panggung pementasan akan ditempatkan di sepanjang Jalan Sudirman serta Jalan Mangkubumi. Sebelum acara wayang, akan lebih dulu digelar karnaval dari ujung timur Jalan Sudirman hingga depan kantor PLN Yogyakarta di Jalan Mangkubumi.

"Kami sampaikan minta maaf jika ada ketidaknyamanan. Kami mengimbau, jika masyarakat tak memiliki keperluan penting agar tak melintasi jalur yang terdapat kepadatan," tuturnya.

Sebanyak 14 kecamatan di Kota Yogyakarta bakal mementaskan wayang dengan tokoh berbeda. Adapun detail tokoh yang dibawakan tiap kecamatan yakni Kecamatan Umbulharjo dengan Nakula dan Sadewa, Kotagede (Ontoseno), Gondokusuman (Betara Guru), Gedongtengen (Wisanggeni), dan Ngampila (Drupadi).

Sementara, Kecamatan Tegalrejo menampilkan Bisma, Danurejan (Karna), Jetis (Punta Dewa), Gondomanan (Sukosono Sumantri), Mergangsan (Suwido), Pakualaman (Kubakarna), Mantrijeron (Bentari Durga), Wirobrajan (Petruk Ratu), dan Kraton (Sugriwa Subali).

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.