Sukses

Cerita Pisang Seribu yang Hampir Ditebas Warga Iseng

Dengan jumlah yang diperkirakan mencapai seribu buah pisang, panjang tandan pisang menjuntai hingga 2 meter.

Liputan6.com, Cirebon - Sebuah pohon pisang unik tumbuh di belakang rumah warga bernama Salma, di kawasan RW 06, Kelurahan Kesambi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Pasalnya, pohon pisang yang ditanam enam bulan lalu itu bisa menghasilkan seribu buah pisang dalam satu tandan.

"Yang nanam ponakan saya. Itu juga sejak minggu pertama bulan puasa dan baru-baru ini tumbuh. Kok jadi banyak, katanya sih ternyata pisang seribu," kata Salma, Jumat (6/10/2017).

Karena jumlahnya banyak, tandan pisang seribu itu menjuntai ke bawah hampir mencapai dua meter. Namun, jantung pisang tersebut sudah ditebas sehingga pisang tersebut hanya bisa tumbuh satu kali saja.

Salma menuturkan asal mula kehadiran pisang seribu. Saat itu, Salma bersama keponakan membeli bibit pisang di Jalan Pembangunan Kota Cirebon. Ada tiga batang pohon pisang yang ditanam Salma saat ini.

Dengan keunikannya tersebut, kata dia, banyak warga yang berhenti saat melewati jalan dekat belakang rumahnya. Bahkan, sesekali warga mencicipi rasa pisang ini.

"Kalau dilihat sih belum matang semua, mungkin beberapa hari lagi. Tapi ada saja satu atau dua pisang yang sudah matang," ujar dia.

Salma berencana akan membagikan pisang seribu itu kepada para tetangga apabila sudah matang. Sementara, dua pohon yang dibeli bersamaan masih juga belum berbuah.

"Kalau tidak dipetik, mau diapakan pisang? Terus-terusan di pohon, yang ada jatuh sendiri dan kotor," ujar dia.

Ketua RW 06 Kesambi Kota Cirebon Agus Sumiarsana mengaku kaget pohon pisang yang ditanam Salma berbuah seribu pisang. "Memang saya tahu beliau dan keponakannya menanam pisang, tapi saya kira pisang biasa," ujar dia.

Dia mengaku, sejak kemunculan pisang seribu tersebut, banyak warga dari luar kawasannya datang. Dari mulai hanya untuk melihat sampai berniat menebas si pohon pisang.

"Tapi ketahuan sama penjual bubur di lingkungan kami, akhirnya tidak jadi," ujar dia.

Keunikan pisang seribu ini, kata dia, menjadi kebanggaan warga Kesambi Cirebon. Bahkan, Agus bersama warga yang lain menjaga pertumbuhan pisang tersebut hingga matang.

"Kapan lagi pisang seribu tumbuh di Cirebon," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.