Sukses

Drupadi Akan Beraksi di Tugu pada HUT Jogja

Drupadi dan 13 tokoh wayang lainnya akan menampilkan atraksi di Tugu Yogyakarta.

Liputan6.com, Semarang - Istri dari Pandawa, Drupadi, akan beraksi di Tugu Yogyakarta, saat puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-261 Kota Yogyakarta, Sabtu malam, 7 Oktober 2017.

Acara bertajuk Wayang Jogja Night Carnival itu juga akan menampilkan 13 tokoh wayang lainnya, seperti, Nakula Sadewa, Karna, Kumbakarna, Betari Durga, Antasena, Wisanggeni, dan Sugriwa Subali. Mereka akan beratraksi di sepanjang Jalan Sudirman sampai Margo Utomo, mulai pukul 18.00 sampai 22.00 WIB.

"Acara tahun ini berbeda dengan sebelumnya, tokoh wayang yang diusung 14 kecamatan berbeda-beda dan konsep yang diangkat bukan sekadar pawai, tetapi seni jalanan atau street art," ucap Yetti Martanti, Show Director Wayang Jogja Night Carnival, Kamis, 5 Oktober 2017.

Ia menjelaskan, setiap tokoh wayang yang diusung akan mempertontokan atraksi yang menghibur dan sesuai dengan potensi setiap kecamatan. Selain menggelar pertunjukan, mereka juga menggandeng komunitas yang menonjol di setiap wilayah, seperti komunitas sepeda. Musik yang mengiringi 1.200 peserta karnaval juga sama dan menjadi satu kesatuan. Berbeda dengan tahun lalu, iringan musik untuk setiap kelompok peserta berbeda-beda.

"Kami berharap tontonan ini menjadi tontonan yang utuh," ujar Yetti.

Ia menambahkan, sejumlah seniman profesional juga ikut membantu dan mendampingi persiapan para peserta karnaval sejak Maret lalu, yakni RM Kristiadi, Ali Nur Setya Nugraha, Anon Suneko, Kinanti Sekar Rahina, Emerentiana Tri Ikhtiar, dan Agung Tri Yulianto.

Adapun Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta, Golkari Made Yulianto, meminta kepada masyarakat yang tidak berkepentingan untuk menghindari Tugu Yogyakarta, Jalan Jenderal Sudirman, dan Margo Utomo pada saat Wayang Jogja Night Carnival digelar. Pasalnya, arus lalu lintas di area itu ditutup dan pengguna kendaraan dialihkan ke utara dan timur.

"Kemungkinan besar terjadi kepadatan arus lalu lintas karena ada rekayasa akibat penutupan jalan sementara," kata Golkari.

Ia menyebutkan, beberapa rekayasa lalu lintas yang diberlakukan, yakni kendaraan dari Jalan C Simanjuntak diarahkan ke timur Jalan Jenderal Sudirman, kendaraan dari Jalan Tentara Pelajar yang ingin ke barat bisa melewati Jalan Asem Gede, dan Jalan AM Sangaji ditutup untuk areal parkir.

Golkari mengungkapkan pula, kepadatan lalu lintas juga akan terjadi di Jalan Wolter Mongisidi, Tentara Pelajar, C. Simanjuntak, Cik Ditiro, dan Suroto.

"Arus lalu lintas dibuang ke jalan-jalan itu karena acara konsentrasi di Tugu Yogyakarta dan untuk antisipasinya kami akan menerjunkan personel di kawasan itu," kata Golkari.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.