Sukses

Pagi Sejuk di Air Terjun Oenesu, Oase di Tengah Panasnya Kupang

Aksesnya yang cukup mudah dan tidak begitu jauh dari kota menjadikan lokasi wisata Air Terjun Oenesu mudah ditemukan.

Liputan6.com, Kupang - Apa yang terlintas di dalam benak kalian ketika mendengar Kota Kupang ibu kota Nusa Tenggara Timur (NTT). Mungkin yang pertama kali muncul di pikiran adalah bayangan Kota Kupang yang panas dan gersang.

Kupang memang kota yang panas, namun ternyata di balik sinar mataharinya yang terik, kota ini memiliki beberapa oase indah berupa objek wisata air terjun yang sangat sejuk dan menyegarkan. Air Terjun Oenesu namanya.

Air Terjun Oenesu terletak di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Berjarak kurang lebih 20 km dari kota Kupang. Untuk menuju lokasi, pengunjung dapat menggunakan transportasi umum atau pribadi. Aksesnya yang cukup mudah dan tidak begitu jauh dari kota, menjadikan lokasi wisata air terjun ini mudah ditemukan.

Dihiasi oleh banyak pepohonan rimbun di sekelilingnya, menjadikan suasana di sekitar lokasi air terjun ini sangat sejuk dan asri. Aliran debit air terjun ini cukup deras saat musim penghujan, tetapi jika musim kemarau debit airnya tidak terlalu deras, namun akan tetap mengalir meskipun sedikit.

Warna airnya hijau agak kebiru-biruan, namun tidak terlalu jernih dan tidak pula keruh. Dengan lokasinya yang cukup mudah dijangkau dari pusat kota, air terjun ini tepat dijadikan sebagai alternatif wisata warga Kupang untuk bersantai dan bercengkerama sambil menikmati sejuknya buih-buih air terjun yang berembus bersamaan dengan angin. Tak hanya di hari libur saja, air terjun ini juga terlihat ramai dikunjungi oleh pengunjung pada saat hari biasa.

Aksesnya yang cukup mudah dan tidak begitu jauh dari kota menjadikan lokasi wisata air terjun ini mudah ditemukan. Pemandangan jajaran pepohonan rindang di kedua sisi jalan akan menemani perjalanan Anda.

Dengan kondisi jalan yang cukup bagus, kurang lebih 30-45 menit berkendara pengunjung akan tiba di pintu gerbang Air Terjun Oenesu. Sebelum mencapai lokasi air terjun yang memliki 4 buah tingkatan ini, pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga.

Para pengunjung Air Terjun Oenesu menikmati sejuk dan dinginnya air. Foto: (Ola Keda/Liputan6.com)

Di sekitar lokasi air terjun sudah terdapat fasilitas penunjang bagi para pengunjung, di antaranya lopo-lopo untuk tempat beristirahat pengunjung, mushola, toilet, dan beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman ringan.

Salah satu pengunjung, Nur Syafika Umar (21) mengaku kagum dengan keindahan alam di lokasi air terjun tersebut. Menurut Fika, Air Terjun Oenesu dapat menjadi salah satu destinasi wisata lokal maupun mancanegara jika ditata dengan baik

"Sangat indah, airnya bersih," ujar Fika kepada Liputan6.com, Selasa 3 Oktober 2017.

Dia berharap ke depannya, pemerintah setempat dapat meningkatkan fasilitas di sekitar lokasi, mengingat air terjun ini cukup berpotensi dan memiliki daya tarik yang cukup tinggi untuk menarik para wisatawan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.