Sukses

3 Bunga Bangkai Mekar di Riau, Salah Satunya Tertinggi di Dunia

Salah satu penemuan petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau ini diklaim sebagai yang tertinggi di dunia.

Liputan6.com, Pekanbaru - Setelah mekarnya tiga bunga bangkai raksasa pada beberapa pekan silam, bunga serupa kembali ditemukan masyarakat. Lokasinya memang berjauhan dari yang pertama, yaitu di Desa Gunung Malelo, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Bunga dengan nama latin Amorphophallus gigas itu memiliki tinggi sekitar 3 meter. Warga yang mengetahui keberadaan bunga itu menjadikannya sebagai latar untuk berswafoto, meski bunga itu berada di tengah hutan.

"Tingginya tidak sampai 4,3 meter, seperti yang tumbuh di Cagar Alam Bukit Bungkuk. Kalau yang baru ditemukan ini berkisar 3 meter," kata Humas Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Dian Indriarti di Pekanbaru, Senin (2/10/2017).

Menurut Dian, Kampar dalam beberapa pekan terakhir memang lagi musim seminya bunga bangkai. Selain kabar di Desa Gunung Malelo, juga ada kabar mekarnya bunga raksasa berbau tak sedap itu di Desa Buki‎t Melintang.

"Tingginya juga 3 meter, tidak setinggi yang di Bukit ‎Bungkuk yaitu 4,3 meter," kata Dian.

Dian menyebutkan, mekarnya bunga bangkai di Kampar dimungkinkan karena tanaman tesebut merupakan jenis umbi-umbian. Dengan kondisi alam subur, bunga itu mudah tumbuh, baik itu di dalam hutan ataupun perkarangan warga.

"Karena tergolong langka, masyarakat sudah diimbau menjaganya," ucap Dian.

Sementara itu, terkait mekarnya bunga di Desa Gunung Malelo ini, sebelumnya diunggah oleh akun Facebook atas nama Beging Gonzalez. Di foto itu terlihat bunga masih berdiri kokoh dan tumbuh di semak yang tidak jauh dari perkebunan kelapa sawit warga.

Sebelumnya, pada 17 September 2017, tiga bunga bangkai jenis Amorphopallus gigas juga mekar di Carar Alam Bukit Bungkuk. Salah satu penemuan petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau ini diklaim sebagai yang tertinggi di dunia karena memiliki panjang 4,3 meter.

Dua bunga bangkai ditemukan petugas BBKSDA yang melakukan survei di kawasan Bukit Bungkuk, tepatnya di pinggir sungai Singalan Kiri pada 13 September 2017. Di lokasi itu ditemukan dua bunga dengan tinggi berbeda dan masih kuncup.

Sementara satu bunga lainnya, ditemukan di perbatasan kawasan Bukik Bungkuk. Bunga ini tumbuh di antara tanaman karet dan beberapa rumpun bambu dengan tinggi sekitar 2 meter.

Saksikan video pilihan berikut ini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.