Sukses

Dapat Sepeda dari Jokowi, TKW Pulang Kampung Gelar Syukuran

Saking bahagianya, perempuan yang sudah bekerja selama delapan tahun di Singapura ini, menggelar syukuran.

Liputan6.com, Brebes - Juniar Hairudin seorang TKW asal Brebes, Jawa Tengah, menjadi orang yang kesekian kalinya yang mendapat hadiah sepeda presiden Joko Widodo saat bekerja di Singapura. Juniar pun akhirnya membawa pulang hadiah sepeda dari orang nomor satu di Indonesia ke kampung halamanya di Kota Bawang.

Saking bahagianya, perempuan yang sudah bekerja selama delapan tahun di Singapura ini, menggelar syukuran. Juniar menggelar sepeda santai bersama warga di kampung halamanya pada Minggu, 1 Oktober 2017.

"Sungguh terhormat sekali saya saat itu mendapatkan sepeda dari Presiden Jokowi. Saat itu, Pak Jokowi berkunjung ke Singapura pada tanggal 6 September 2017 lalu, acara temu kangen dengan WNI di sana," ucap Juniar Hairudin, Senin 2 Oktober 2017.

Saat berada di Singapura, kata dia,  Presiden datang bersama ibu negara. Sedikitnya dua ribu WNI yang berada di Singapura hadir dalam acara temua kangen itu. Dan seperti biasa, Jokowi memberikan kuis kepada peserta acara.

Ribuan peserta pun saat itu mengangkat tangan. Tapi tiba-tiba, Presiden menunjuk Juniar untuk maju menghadap Presiden di podium.

"Itu yang memakai bendera merah putih maju ke depan. Dan saya saat itu maju ke depan," kata Juniar menirukan suara Presiden saat itu.

Jokowi kemudian meminta Juniar untuk menyebutkan enam nama suku di Indonesia. Dengan lantang satu persatu ia menyebutkan nama-nama suku yang diminta Presiden. Di antaranya Suku Jawa, Sunda, Batak, Madura, Dayak, dan Bugis.

"Ya saat itu jawaban saya betul, kemudian dikasih sepeda dari Pak Presiden. Hanya dua yang beruntung mendapat sepeda dari presiden. Ya sebagai syukur saya ajak warga ikut kegiatan gowes bersama sepeda Presiden," kata perempuan asal Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes.

Saat acara gowes itu, Juniar menyediakan tiga hadiah untuk tiga peserta sepeda santai yang beruntung berupa piala dan uang tunai. Penyerahan hadiah dikemas dalam hiburan musik yang dibintangi oleh artis ibu kota pelantun lagu Pelita Hati, Tiara Dewi.

Kepala Desa Pasir Panjang, Toro mengatakan, Juniar merupakan TKI yang sukses di Singapura. Ia sangat medukung kegiatan sepeda santai yang diadakan sebagai wujud syukur pemberian Presiden Joko Widodo.

"Ini bisa untuk memasyarakatkan sepeda atau gowes. Karena memang sekarang serba motor dan mobil. Sedangkan sepeda merupakan transportasi ramah lingkungan dan menyehatkan pula," ucap Juniar.

Saksikan video pilihan berikut ini!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.