Sukses

Setiap Jumat, Warung Kopi Ini Sediakan Pisang Goreng Gratis

Pisang goreng gratis itu dibagikan atas dasar sedekah bagi para pengunjung warung kopi.

Liputan6.com, Pontianak - Setiap Jumat sebuah warung kopi di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, menyediakan sepiring pisang goreng gratis bagi pelanggannya. Itu dilakukan atas dasar sedekah bagi para pengunjung warung kopi.

Namanya Anwar, lelaki berumur 36 tahun ini kelahiran Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pemilik warung Kopi Bintang. Tempatnya di Jalan Johar, No.62-B, Kelurahan Sekip Darat, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak.

Saya mencoba mengunjungi kedai kopi itu. Ternyata benar. Aroma kopi begitu menyengat saat tiba di warung kopi yang selalu ramai pengunjung setiap harinya. Ketika dicicipi, pahitnya kopi kental begitu terasa. Racikan sang pemilik rupanya membuat para pengunjung semakin betah berlama-lama di sana.

Ia mengaku pisang goreng gratis di hari Jumat sesuatu yang beda. "Ini sebagai sedekah. Ini setiap hari Jumat. Biar berkah. Pelanggan bertambah," ujar Anwar.

Selain itu, dia menyewa ruko dua lantai dengan harga puluhan juta pertahun demi merintis usahanya. Warung kopi miliknya itu dibuka dari pukul 06.00 WIB pagi hingga 23.00 WIB setiap harinya.

Menu kopi andalan yaitu kopi Toraja dan kopi Bintang. Kopi ini  sangat kental dan pahit. Untuk menikmati segelas kopinya, pengunjung merogoh kocek Rp 5.000 - Rp 6.000 saja, sembari menikmati fasilitas gratis jaringan internet sepuasnya.

"Tidak hanya berbagai minuman, warkop ini juga menyediakan menu lain seperti mie rebus, gorengan, camilan, dan harga sangat bersahabat dengan kantong kocek," ucap lelaki berkacamata ini.

Sebelum memulai bisnis warung kopi, bapak satu anak ini dulunya bekerja sebagai karyawan swasta. Lalu dia berpindah bisnis warung kopi. Itu karena niat dan tekadnya ingin memiliki usaha sendiri. Ia mengundurkan diri dari pekerjaanya, lalu merintis warung kopi bersama sang istri.

Pantang putus asa adalah model nekatnya, dengan memiliki dua karyawan yang di bagi 2 shift, ia beserta istrinya juga harus turun tangan melayani penikmat kopi di warkopnya.

"Pelayanan dan keramahan nomor satu, kita baru merintis jadi cari pelanggan sebanyak banyaknya," kata Anwar, sembari melayani pembeli.

Pengunjung setia warung Kopi Bintang, Kusmono menuturkan, racikan kopi pemilik warung kopi Bintang membuatnya ketagihan. Aroma menggoda dan pahit kental kopi, membuat dirinya bentah bersantai ria di sana. Bahkan, ia pernah seharian penuh berada di warung kopi Bintang

"Luar biasa kopinya. Ngangenin. Pengen kesana terus, kalau gak ke sana, rasanya ada yang kurang, pusing kepala saya kalau tak ngopi di sana," kata dia, yang merupakan pegawai swasta di Kota Pontianak.

Nah, bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kota Pontianak, singgah saja ke warung kopi Bintang. Nikmati sensasi ritual ngopi khas Palu, goreng pisang gratis di hari Jumat, dan pahitnya kopi kental racikan Anwar.

Saksikan video pilihan berikut ini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.