Sukses

Salam Pagi dari 33 Perawan Penjaga Mata Air Jolotundu Mojokerto

Ritual ruwat sumber mata air Jolotundo Trawas, Mojokerto harus dilakukan untuk menjaga agar sumber mata air itu tidak mengalami kekeringan.

Liputan6.com, Mojokerto - Sebanyak 33 perawan di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur berjalan kaki sejauh tiga kilometer menuju situs petirtaan Jolotundo. Mereka menggenggam erat kendi berisi air suci.

Terlihat, mereka juga diriingi oleh arak-arakan gunungan hasil bumi dan jajanan pasar yang digotong secara bergantian oleh ribuan warga setempat.

Siang itu, Kamis, 28 September 2017, warga Desa Seloliman menggelar ritual yang sudah turun temurun dari zaman nenek moyang, yakni ritual ruwat sumber mata air Jolotundo. Ritual ini, dilakukan dengan cara menyatukan 33 jenis air suci yang diambil dari empat penjuru mata angin di sekitar gunung Penanggungan.

"Setiap tahun di bulan Suro, ini dilakukan ritual Kebumi Sumber Suci Petirtaan Jolotundo," tutur sesepuh Desa Seloliman Djari.

Dia menjelaskan, ritual ini harus tetap dilakukan agar sumber mata air di situs peninggalan Kerajaan Majapahit, serta sumber mata air di kecamatan Trawas tidak mengering. Pasalnya, warga sekitar pernah dilanda kekeringan pada tahun 2008 silam, tak terkecuali di sumber air Jolotundo.

"Pernah kejadian tahun 2008, seluruh sumber air mengering karena saat itu warga tidak melakukan ritual ruwat ini," kata dia.33 perawan di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur bejalan kaki sejauh tiga kilometer menuju situs petirtaan Jolotundo, di tangan masing-masing menggenggam erat kendi berisi air suci. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)Dalam prosesi ruwat tersebut, sesepuh Desa Seloliman terlebih dahulu melakukan pengunduhan 33 jenis air suci yang tersebar di empat penjuru mata angin yang mengelilingi gunung Penaggungan. Pengunduhan air suci tersebut dilakukan saat malam satu Suro lalu. Kemudian air itu ditampung dalam wadah berupa kendi yang sudah didoakan.

33 perawan di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur bejalan kaki sejauh tiga kilometer menuju situs petirtaan Jolotundo, di tangan masing-masing menggenggam erat kendi berisi air suci. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Ke-33 air suci lantas dikumpulkan dan dibacakan doa di depan situs. Setelah selesai, semuanya langsung disatukan atau dicampur menjadi satu dengan air Jolotundo dalam gentong khusus.

"Ritual ini harus terus dilakukan setiap bulan Suro agar bisa tetap memberi manfaat kepada masyarakat," ucap Djari.

Ritual ditutup dengan rebutan hasil bumi dan jajanan pasar yang sebelumnya telah diarak. Ratusan wisatawan yang memadati area petirtaan pun rela berdesakan untuk ikut berebut.33 perawan di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur bejalan kaki sejauh tiga kilometer menuju situs petirtaan Jolotundo, di tangan masing-masing menggenggam erat kendi berisi air suci. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)Sementara itu, Camat Trawas M. Iwan Abdillah menuturkan, sumber air di Petirtaan Jolotundo sempat dikaji oleh sejumlah ilmuwan. Penelitian itu menunjukkan, bahwa air tersebut menjadi sumber mata air terjernih nomor dua di dunia setelah air zam-zam di Arab Saudi. Oleh karena itu, masyarakat harus melakukan perawatan dan pelestarian agar mata air ini tidak kering.

"Kita tetap harus melestarikan budaya dan tradisi nenek moyang. Sebab, sumber air merupakan hal pokok yang ada dikehidupan kita,” katanya.

Iwan berharap, ritual yang dilakukan tersebut bukan hanya sebagai acara seremonial, melainkan juga dijadikan jati diri warga lokal. "Semoga ini menjadi langkah konkrit, untuk melestarikan tradisi dan menjaga sumber airnya," ujar Iwan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.