Sukses

Aksi Buaya Jadi-jadian Bikin Heboh Warga Sekitar Kali Porong

Karena banyak warga penasaran ingin melihat buaya jadi-jadian itu, jalur Sidoarjo menuju ke Pasuruan macet.

Liputan6.com, Sidoarjo - Buaya jadi-jadian dengan panjang kurang lebih 5 meter muncul di Kali Porong Sidoarjo Jawa Timur, Kamis, 28 September 2017. Banyaknya warga yang menonton peristiwa itu membuat jalur Sidoarjo menuju ke Pasuruan macet.

Sebagian warga akhirnya melaporkan ke petugas Pusdik Gasum Porong Sidoarjo. Beberapa tim Search and Rescue (SAR) mulai melakukan penyisiran di sepanjang sungai Porong.

Tim SAR sempat melepaskan tembakan saat mengetahui keberadaan buaya. Namun, tim SAR curiga lantaran buaya yang berwarna hitam pekat tak bergerak. Setelah dilakukan evakuasi, ternyata buaya tersebut merupakan replika buaya yang terbuat dari gabus.

Buaya Jadi-Jadian di Porong, Sidoarjo. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

"Mendapat laporan warga, akhirnya kami terjunkan Tim SAR dari Pusdik Gasum Porong. Tapi, buaya ini aneh. Karena pada saat ditembak, ternyata buaya ini sempat pecah dan berwarna putih. Setelah diteliti lagi, ternyata bukan buaya sungguhan," tutur Kapusdokkes Gasum Porong, Kombes Fahruz.

Diduga, bekas buaya buatan itu merupakan buaya bekas karnaval yang sengaja dibuang ke sungai Porong. Kejadian ini sempat membuat geger warga setempat. Bahkan sempat terjadi kemacetan di sepanjang jalan Porong.

"Sekarang sudah jelas. Ini bukan buaya asli, melainkan buaya buatan. Jadi, warga tidak usah takut," kata Fahruz.

Sementara, warga setempat yang melihat kejadian itu tak menyangka jika buaya yang sempat mengapung di kali Porong tersebut buaya buatan. "Enggak nyangka saja, saya kira buaya asli," ujar Agus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.