Sukses

Pesawat Terbang Bakal Makin Ramai Lintasi Langit Jawa Timur

Pemprov Jawa Timur memprioritaskan rute penerbangan pesawat baru dari dan ke wilayah kepulauan.

Liputan6.com, Sidoarjo - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menyiapkan beberapa rute penerbangan baru ke sejumlah wilayah kepulauan yang ada di Jawa Timur. Setidaknya ada tiga pulau yang sedang dipersiapkan untuk didarati pesawat terbang oleh Dinas Perhubungan Jatim.

"Seperti Masalembu, Kangean, dan Bawean," tutur Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, saat pelepasan penerbangan baru rute Surabaya - Sumenep, Rabu, 27 September 2017.

Wagub yang karib disapa Gus Ipul itu mengatakan, adanya rute penerbangan yang baru, akan mampu meminimalkan waktu tempuh perjalanan melalui darat. Penambahan rute penerbangan juga diharapkan tetap mampu menjaga keamanan, kenyamanan dan daya saing.

"Sesuai cita-cita kita bersama, menjadi sebuah penerbangan yang aman, nyaman, dan mampu bersaing. Mudah-mudahan nantinya di Jawa Timur bisa meningkat," katanya.

Menurutnya, Pemprov Jatim mempunyai harapan yang besar agar semua wilayah di Jatim bisa saling terkoneksi. Tak hanya Surabaya - Sumenep, nantinya antara Banyuwangi - Sumenep, Sumenep - Bawean, Jember - Sumenep, maupun Malang - Sumenep bisa saling terkoneksi.

"Jadi, model seperti ini bisa membuka sektor perekonomian yang baru bagi Jawa Timur. Mudah-mudahan bisa terealisasi," ucapnya.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi yang turut menghadiri pembukaan jalur udara Surabaya - Sumenep menambahkan, pembukaan Bandara Trunojoyo Sumenep merupakan inisiatif pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Sumenep. Di antaranya, Pulau Gililabak, Pulau Gilihyang, maupun Pantai Sembilan yang ada di Giligenting.

"Keberadaan Bandara yang baru ini tak lain untuk mempercepat akses ke Sumenep. Jadi, tidak usah menunggu lama lagi untuk sampai ke sana," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.