Sukses

Tips Bisnis Kreatif Cristian Sugiono untuk Mahasiswa Palembang

Cristian Sugiono memberikan tips untuk menjadi seorang entrepreuner di pangsa pasar internet Indonesia.

Liputan6.com, Palembang - Untuk keempat kalinya Cristian Sugiono menyambangi kota Palembang di tahun ini. Kali ini, kehadiran artis blasteran ini untuk membagikan tips creativepreneur ke para mahasiswa di Palembang.

Sebagai Founder & CEO MBDC Media, Christian Sugiono membagikan berbagai tips untuk menjadi enterpreuner kreatif di sektor information technology yang sedang digandrungi di Indonesia.

Menurut suami Titi Kamal ini, menjadi seorang entrepreneur di bidang IT harus mempunyai mentalitas yang kuat untuk membangun perusahaan dari awal. Salah satunya dengan menghadirkan produk yang mempunyai value added.

Tian, sapaan akrabnya, menceritakan awal mulanya dibangun malesbanget.com di tahun 2011. Di tahun itu, situs online hanya berisi tentang konten berita, sport, politik dan entertainment.

“Saya dan dua teman melihat pangsa pasar milenial yang menjanjikan. Lalu kami coba buka media online yang berisi konten hiburan. Modal awal saya hanya laptop dan uang Rp 50 Juta,” katanya saat menghadiri Seminar dan Talkshow Creativepreneur di Aula Kampus Universitas IGM (UIGM) Palembang, Rabu 27 September 2017.

Untuk membangun perusahaannya tersebut, mereka menggandeng beberapa investor lokal dan luar negeri. Kendati dalam tiga tahun berjalan, pendapatannya masih jauh dibanding jumlah investasi. Namun, mereka melihat pertumbuhan yang terus meningkat.

Di era digital, lanjutnya, masyarakat Indonesia sudah banyak menggunakan media online untuk mendapatkan informasi dan akan menjadi konsumsi secara kontinu. Inilah yang akan mengembangkan bisnis entrepreneur IT di Indonesia.

“Meningkatkan viewers, harus menampilkan konten yang bagus, tidak hanya informasi tulisan, tapi kita bermain juga di video. Traffiknya bisa tinggi dan harus tahu identifikasi medianya untuk kalangan mana,” ujar Cristian Sugiono.

Untuk membangun suatu usaha, Tian menyarankan agar bekerja sama dengan rekan yang membidangi skill yang berbeda-beda. Sehingga, untuk produksi, pemasaran dan pengelolaan keuangan bisa berjalan beriringan.

“Kendala membangun usaha pasti banyak, seperti regulasi pemerintah, legalitas hingga ketidakteraturan pengelolaan perusahaan,” ungkapnya.

Seminar yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang ini diikuti oleh pengusaha dan mahasiswa dari berbagai kampus di Sumsel. Para mahasiswa juga antusias untuk berfoto bersama Cristian Sugiono.

Saksikan video menarik di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.