Sukses

6 Kantor Dinas Pemkab Dibobol Pencuri dalam Semalam

Liputan6.com, Minahasa Tenggara - Sejumlah kantor milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara di Ratahan, jadi sasaran pembobolan pencuri. Menurut Kapolsek Urban Ratahan Sammy Pandelaki, aksi pencurian tersebut terjadi pada Sabtu malam, 23 September 2017.

"Aksi pencurian ini terjadi saat tidak ada aktivitas perkantoran, karena hari Sabtu sudah tidak ada kantor," kata Sammy, dilansir Antara.

Dia menuturkan, ada enam kantor yang menjadi target pencurian yakni Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi UMKM, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil), Badan Kesatuan Bangsa Politik, dan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Sammy mengungkapkan para pencuri menargetkan barang-barang elektronik, seperti laptop, kamera. "Dari perhitungan sementara total kerugian dari aksi pencurian ini berjumlah Rp 50an juta. Tapi, kita masih akan lakukan perhitungan lagi," ujarnya.

Ia menambahkan saat ini tim khusus telah diturunkan oleh pihak Polres Minahasa Selatan untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Akibat pencurian itu, Sekretaris Disdukcapil Minahasa Tenggara Sonny Kawalo mengatakan pelayanan publik terkendala.

"Memang ada sedikit terkendala, karena barang yang dicuri seperti kamera dan laptop yang digunakan untuk alat perekaman," katanya.

Namun, menurut Sonny, pihaknya tetap melayani pengurusan dokumen kependudukan lainnya.

Saksikan video pilihan berikut ini: