Sukses

Benda Sakral Pura Besakih Tak Dipindah Meski Gunung Agung Erupsi

Liputan6.com, Denpasar - Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta semua pihak memikirkan dan mengkaji upaya penyelamatan "pratima" atau benda sakral di kawasan Pura Besakih, setelah ditetapkan status Level IV (Awas) Gunung Agung di Kabupaten Karangasem.

"Saya berpendapat secara logis harus semua pihak memikirkan aset Pura Besakih, seperti "pratima" dan benda lainnya, karena semua itu adalah perjalanan sejarah umat Hindu," kata Mangku Pastika di sela meninjau Posko Pengungsian Gunung Agung di Tanah Ampo, Karangasem, Senin, 25 September 2017, dilansir Antara.

Menurut dia, sedikitnya terdapat 18 pura di kawasan Pura Besakih. Masing-masing pura sudah pasti memiliki "pratima" dan benda sakral yang semuanya adalah aset bersejarah dan spiritual. Mangku Pastika meminta benda sakral itu diamankan agar tidak sampai rusak.

"Kalau bisa juga disimpan sementara di tempat yang aman dan suci yang jauh dari kawasan bencana. Misalnya disimpan di Puri Klungkung," ujar dia.

Hal itu, kata Mangku Pastika, tergantung juga dari "penyungsung" (penanggung jawab) pura untuk menyelamatkan benda pusaka tersebut. "Saya hanya bisa menyarankan dan memberi pendapat secara logika. Sebab, kejadian alam kan tidak bisa diprediksi. Kita berdoa agar kejadian Gunung Agung tidak keras dan cuma sebentar saja," katanya.

Di tempat terpisah, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Sudiana mengatakan "pratima" atau benda-benda sakral di Pura Besakih tidak akan dipindahkan, meskipun status vulkanik Gunung Agung sudah pada level Awas.

"Keputusan tersebut sudah berdasarkan hasil rapat dengan para pangemong (penanggung jawab wilayah) dan pemangku (pemuka agama) Pura Besakih," kata Sudiana.

Dalam rapat yang membahas upaya penyelamatan "pratima" tersebut, lanjut Sudiana, diputuskan tidak akan memindahkan "pratima" di Pura Besakih dan sejumlah pura di sekitarnya meskipun berada di kaki Gunung Agung.

"Menurut para pangemong dan pemangku, sesuai dengan sejarah enam kali letusan yang pernah terjadi di Gunung Agung, ternyata belum pernah pratima Pura Besakih digeser ke mana-mana dan terbukti selama ini aman. Mereka pun meyakini kali ini jika pun terjadi erupsi, juga tidak akan menyentuh pratima-pratima di Pura Besakih," ucapnya.

Para "pemangku", kata Sudiana, juga siap untuk berdoa setiap hari agar keadaan pura tetap aman dan masyarakat juga selamat di tengah kemungkinan terjadinya erupsi Gunung Agung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.