Sukses

Mencicipi Nugget Singkong Anti-Stroke Buatan Mahasiswa Yogyakarta

Makanan inovasi ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berinovasi menciptakan nugget yang terbuat dari daun singkong. Selama ini, orang mengenal nugget sebagai kudapan yang berasal dari daging, baik ayam, sapi, maupun ikan.

"Di tempat kami mengabdi tanaman singkong ada di mana-mana, jadi kami memiliki ide untuk memanfaatkan bagian dari tanaman singkong," ujar Kevin Adi Satria, Ketua KKN UNY B-104, beberapa waktu lalu.

Mereka memberikan pelatihan membuat nugget daun singkong kepada warga Dusun Wonosari, Desa Semoyo, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Ilmu yang diberikan mereka ini mendapatkan tanggapan positif dari warga. Beberapa warga juga ingin mempraktikkannya di rumah.

Ia menuturkan, daun singkong dipilih karena sarat gizi, meliputi serat, karbohidrat, asam amino, dan protein yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah osteoporosis, serta kesehatan mata.

"Daun singkong juga dapat menjadi obat stroke karena mengandung isoplavon," kata mahasiswa program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNY ini.

Salah satu anggota tim KKN, Meidinda Ayu Wardani menjelaskan nugget daun singkong merupakan kombinasi antara daun singkong dengan daging ayam. Tujuannya, supaya anak-anak menyukai sayuran dan lahap memakannya.

"Dan tidak lagi timbul anggapan bahwa daun singkong hanya dapat diolah menjadi sayuran, melainkan juga bisa dibuat lauk," ucapnya.

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berinovasi dengan menciptakan nugget yang terbuat dari daun singkong. (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Mahasiswi program studi Pendidikan Teknik Boga FT UNY itu memaparkan cara pembuatan nugget daun singkong ini. Pertama-tama, siapkan bahan, meliputi, daun singkong, daging ayam, dan roti tawar sebagai pengganti tepung terigu. Adapun bumbu yang digunakan, yaitu bawang putih, bawang merah, merica, kemiri, dan garam.

Kemudian mulai memasuki tahap pengolahan. Daun singkong direbus, sementara roti tawar direndam air, dan daging ayam diblender. Lalu, rendaman roti tawar diperas dan dimasukkan dalam blender bersama daging ayam. Daun singkong ditiriskan dan dipotong-potong, kemudian tambahkan bumbu yang telah dihaluskan lalu diaduk.

Masukkan adonan daun singkong dan daging ayam dalam loyang lalu dikukus. Setelah matang adonan dikeluarkan dan dipotong-potong. Potongan adonan dicelupkan ke dalam tepung terigu basah, dilumuri tepung panir, lalu digoreng. Sajikan dengan saus dan nugget daun singkong siap dihidangkan.

 Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.