Sukses

Tarif Kereta Cilacap-Yogyakarta-Solo yang Meluncur 26 September

Liputan6.com, Cilacap - Penantian warga Cilacap akan moda transportasi kereta rute khusus Cilacap segera menjadi kenyataan. PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan bakal meluncurkan Kereta Wijayakusuma jurusan Cilacap-Yogyakarta-Solo dan sebaliknya, Senin, 26 September 2017 mendatang.

Perjalanan perdana KA Wijayakusuma dijadwalkan pukul 14.10 WIB dari Stasiun Cilacap Kota. Kereta ini akan berhenti di beberapa stasiun, yakni Maos, Kroya, Tambak, Gombong, Kebumen, Prembun, Kutoarjo, Wates, dan Yogyakarta.

Sebelumnya, peluncuran kereta premium jurusan Cilacap-Yogyakarta itu batal diluncurkan pada 1 September 2017 lalu lantaran bersamaan dengan Hari Raya Idul Adha.

"Peluncuran KA Wijayakusuma merupakan bentuk apresiasi PT KAI kepada para pelanggannya dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-72 PT KAI," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko, melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Rabu, 20 September 2017.

KA Wijayakusuma bakal menggunakan rangkaian kereta baru kelas ekonomi premium sehingga nyaman bagi penumpang. Namun, Ixfan menjamin tarif kereta ini amat murah. Bahkan, sejak diluncurkan pada 26 September-26 Desember 2017, KA Wijayakusuma menerapkan tarif promo.

Dia merinci, tarif spesial untuk rute jarak dekat, yakni Kroya-Cilacap dan sebaliknya Rp 20 ribu, Kutoarjo-Lempuyangan, Yogyakarta Rp 25 ribu, Yogyakarta-Solo dan sebaliknya Rp 40 ribu. Adapun tarif utama, Cilacap-Yogyakarta sebesar Rp 50 ribu dan Cilacap-Solo sebaliknya seharga Rp 70 ribu.

"Pemesanan tiket KA Wijayakusuma sudah dapat dilayani melalui loket stasiun daring, aplikasi KAI Access, maupun kanal resmi yang bekerja sama dengan PT KAI," kata Ixfan.

Terkait jadwal keberangkatan kereta, Ixfan menerangkan KA 10590 Wijayakusuma Cilacap-Yogyakarta berangkat dari Stasiun Cilacap pada pukul 05.00 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 08.20 WIB. Adapun stasiun pemberhentiannya yakni Stasiun Maos, Kroya, Tambak, Gombong, Kebumen, Prembun, Kutoarjo, dan Stasiun Wates.

KA 10331 jurusan Yogyakarta-Cilacap dengan stasiun pemberhentian di Wates, Kutoarjo, Kebumen, Karanganyar, Gombong, Tambak, Sumpiuh, Kemranjen, Kroya, serta Maos, diberangkatkan dari Stasiun Yogyakarta pada pukul 09.30 WIB dan tiba di Stasiun Cilacap pukul 13.30 WIB.

Adapun, KA 10592 jurusan Cilacap-Solo diberangkatkan dari Stasiun Cilacap pada pukul 14.10 WIB dan tiba di Stasiun Solobalapan pukul 19.13 WIB. Stasiun pemberhentiannya yakni, Maos, Kroya, Sumpiuh, Tambak, Karanganyar, Sruweng, Soka, Kebumen, Prembun, Butuh, Kutoarjo, Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari.

Ixfan menambahkan, KA 10557 Wijayakusuma jurusan Solo-Cilacap diberangkatkan dari Stasiun Solobalapan pada pukul 19.45 WIB dan tiba di Stasiun Cilacap pukul 01.00 WIB. Kereta ini berhenti di Stasiun Klaten, Lempuyangan, Yogyakarta, Kutoarjo, Kebumen, Karanganyar, Gombong, Tambak, Sumpiuh, Kroya, Sikampuh, serta Stasiun Maos.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Daftar Jadwal dan Harga Tiket Kereta Cilacap-Yogyakarta Beredar
Artikel Selanjutnya
Tarif KA Ranggajati Jember-Surabaya Naik Mulai Awal September