Sukses

2 Festival Akhir Pekan Seru di Banyuwangi yang Patut Dinanti

Liputan6.com, Banyuwangi - Awal Oktober 2017 mendatang, Banyuwangi akan menghadirkan dua perhelatan yang spesial, yaitu Ijen Summer Jazz pada 6-7 Oktober dan Festival Gandrung Sewu pada 8 Oktober 2017. Kedua ajang ini akan menjadi pertunjukan istimewa dan menjadikan akhir pekan di Banyuwangi tidak terlupakan.

Melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan di tahun sebelumnya, Ijen Summer Jazz kembali menyuguhkan pagelaran musik yang berpadu dengan pemandangan indah Gunung Ijen. Acara itu akan diselenggarakan di panggung terbuka amfiteater Jiwa Jawa Resort Ijen, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dari Jumat-Sabtu, 6-7 Oktober 2017.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan pihaknya terus mendorong tumbuhnya atraksi yang digelar dengan memadukan keindahan alam Banyuwangi. Ini, kata dia, merupakan cara yang efektif untuk mendorong pariwisata daerah.

"Selain telinga dimanjakan dengan alunan musik jazz, wisatawan bisa menikmati kesegaran hawa dan keindahan Gunung Ijen. Setelah puas menikmati musik jazz, esoknya wisatawan bisa menikmati pesona Gandrung Sewu yang menari di bibir pantai Boom," tutur Anas dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu, 20 September 2017.

Amfiteater Jiwa Jawa Resort ini terletak di lereng Gunung Ijen. Gunung yang berada di Banyuwangi ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia berkat api biru alami yang muncul dari dasar Kawah Ijen.

Ijen Summer Jazz yang digelar bersama manajemen Jazz Gunung, tahun ini mengangkat tema "Experiencing Cool Jazz In Ijen". Menurut Anas, Banyuwangi sengaja berkolaborasi dengan Jazz Gunung, karena mereka konsisten mengangkat musik tradisional Indonesia untuk berkolaborasi dengan jazz.

"Ini bagian dari menciptakan “Banyuwangi Experience” yang menyuguhkan budaya lokal, musik jazz, pukau pemandangan alam. Sehingga even ini juga menjadi jembatan antara local wisdom dan modernitas yang berjalan harmonis di Banyuwangi," ucap Anas.

Sejumlah nama dijadwalkan memeriahkan acara tersebut, di antaranya Sri Hanuraga Trio featuring Dira Sugandi, Vina Panduwinata, Luanada featuring Mathew Sayersz Grup, Nonaria feat Bonita, hingga Vina Panduwinata yang akan diiringi oleh musikus Dian HP.

"Bagi yang berminat, tiket Ijen Summer Jazz bisa didapatkan dengan mengakses tiket@jazzgunung.com," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda.

Bramuda menambahkan di akhir pekan tersebut pada hari Minggu siang, 8 Oktober 2017 akan digelar pertunjukkan kolosal budaya Festival Gandrung Sewu yang berlangsung di Pantai Marina Boom.

Kegiatan itu merupakan salah satu even yang mempresentasikan kemegahan budaya Banyuwangi dengan menampilkan seribu lebih penari Gandrung di bibir pantai Banyuwangi. "Ini salah satu even yang ditunggu para wisatawan," ujar Bramuda.

Tahun ini kolosal Gandrung membawa sebuah tema Kembang Pepe. Seribu penari Gandrung akan memvisualkan kisah heroik pahlawan Banyuwangi mempertahankan kotanya dahulu.

"Koreografi tarian yang indah dengan latar belakang laut Selat Bali pastinya akan memberi pengalaman menonton yang sangat seru," ucap Bramuda.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.