Sukses

Selfie Terakhir Sebelum Maut Jemput Pria Surabaya di Air Terjun

Liputan6.com, Probolinggo - Insiden selfie maut terjadi di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Suyitno Budi (49), warga Sambikerep, Kota Surabaya, menemui ajal saat berwisata di Air Terjun Madakaripura, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Ia tewas tenggelam usai terpeleset saat asyik selfie atau swafoto bersama rekan-rekannya.

Kapolsek Lumbang, AKP Mustadji menuturkan, peristiwa tenggelamnya Suyitno terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, Selasa, 19 September 2017. Sebelumnya, korban bersama delapan rekannya asal Surabaya, tiba di lokasi wisata tersebut sekitar pukul 16.00 WIB.

"Diperkirakan setelah foto-foto, korban terpeleset jatuh di cekungan air di sekitar jatuhnya air terjun," ucap Kapolsek Lumbang kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon seluler, Rabu (20/9/2017).

Saat kejadian, rekan korban langsung berupaya menolong pria yang tinggal di Jalan Sambiarum Lor 53H/26, RT 09 RW 06, Kelurahan Sambikerep, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya.

Namun, upaya itu tak berhasil karena tubuh korban tersedot pusaran air terjun. Salah satu dari mereka kemudian melaporkan kejadian itu kepada pengelola wisata. Laporan itu kemudian diteruskan ke Polsek Lumbang.

Selanjutnya, tim SAR gabungan yang terdiri dari Forkopimka Lumbang, BPBD Kabupaten Probolinggo, ADM Perhutani Probolinggo, Dinas Disporabudpar, dan warga sekitar menggelar pencarian korban. Namun, hingga Selasa pukul 20.00 WIB, korban tidak bisa ditemukan.

"Pencarian dihentikan mengingat senter tidak bisa menembus hingga dasar, dan air sudah sangat dingin, dan diputuskan untuk dilanjutkan pada hari ini," tutur Mustadji.

Dia menjelaskan, untuk pencarian hari ini, pihaknya melibatkan tim Basarnas Jember. "Kami memulai pencarian sekitar jam tujuh pagi ini," katanya.

Tim SAR menemukan korban selfie maut tersangkut di dalam ceruk kolam Air Terjun Madakaripura, Probolinggo, Jawa Timur. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Setelah mencari selama hampir lima jam, jasad korban ditemukan tersangkut di dalam ceruk yang berada di dasar kolam. "Kami kesulitan mencari karena suhu air yang sangat dingin, sehingga harus sering naik ke atas untuk recovery," ujarnya.

Selanjutnya, korban selfie maut itu dibawa ke RSUD Tongas, untuk divisum.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Tak Patuhi Nasihat Orang Tua, 2 Bocah Tenggelam di Sungai Angker
Artikel Selanjutnya
Tragis, Bocah Tenggelam Saat Berkemah di Hari Pramuka