Sukses

Sejuknya Mandi Pagi di Danau Ranau Kota Seribu Air Terjun

Kondisinya masih asri, dibalut suasana sejuk sehingga akan membuat pengunjung betah berendam lama-lama.

Liputan6.com, OKU - Nama Kabupaten OKU Selatan mungkin jarang didengar. Namun, satu keindahan alam yang paling menarik untuk dikunjungi di salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Selatan ini adalah Danau Ranau.

Tidak hanya menjadi ikon, tetapi juga merupakan destinasi wisata yang dicari saat berkunjung ke daerah yang juga dikenal dengan sebutan Bumi Serasan Seandana. Namun tak sebatas itu, masih banyak eksotisme alam lain yang bisa ditemukan di sini.

Keberadan ribuan air terjun dengan berbagai ukuran yang tersebar di 19 kecamatan di wilayah OKU Selatan, nyatanya bisa menjadi alternatif bagi wisatawan. Air terjun atau yang dalam bahasa setempat disebut curug, yang relatif dikunjungi berada di Desa Datar.

Curug Datar, lokasinya relatif dekat dengan Kota Muaradua, ibu kota Kabupaten OKU Selatan. Pemandangan air terjun yang bertingkat dengan di bawahnya membentuk ceruk dan menjadi tempat favorit bagi pengunjung untuk berendam.

Kondisinya masih asri, dibalut suasana sejuk sehingga akan membuat pengunjung betah berendam lama-lama di bawah curahan air terjun tersebut. Bahkan, kondisinya cukup aman, tersedia akses jalan dan tidak jauh dari permukiman penduduk.

Selain Curug Datar, ada pula Curug Papan yang terletak di Desa Gedung Nyawa, Kecamatan Buay Runjung. Berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Muaradua. Dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, menggunakan akses jalur darat.

Tak kalah indah, di Desa Menduriang, Kecamatan Buay Pematang juga terdapat Curug Menduriang. Sengaja dinamakan sesuai lokasinya, seperti beberapa curug lain. Menurut warga, penamaan seperti ini sudah dilakukan sejak lama.

"Menuju air terjun tersebut ada banyak air terjun kecil yang kita bisa temui di sepanjang perjalanan. Intinya cukup seru mengeksplore keindahan alam yang belum banyak diketahui orang," kata Didi, salah seorang traveller asal Palembang.

Bahkan menurut warga, air terjun kecil yang berada di sekitar permukiman juga cukup banyak. Kondisi alam yang berbukit membuat aliran air tersebut cukup banyak ditemukan. Karena itu pula, OKU Selatan kerap disebut sebagai Kota Seribu Air Terjun.

Dinas Pariwisata setempat mendata, ada ribuan curug di Kabupaten OKU Selatan. "Jika didata, ada ribuan. Karena itu, kami saat ini tengah mengintensifkannya sebagai pengembangan pariwisata daerah. Totalnya tersebar di seluruh kecamatan yang ada," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten OKU Selatan, Darmawan SE.

Di dekat Danau Ranau saja, menurutnya terdapat lebih dari 20 curug, sehingga dalam waktu dekat, selain revitalisasi kawasan wisata Danau Ranau, potensi dari air terjun di OKU Selatan ini akan segera digarap.

"Dengan jarak tempuh sekitar enam jam dari Palembang, kami juga berharap dukungan dari dinas pariwisata tingkat provinsi. Sehingga, kami juga mengundang wisatawan untuk datang, melalui berbagai even yang kami gelar," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.