Sukses

Lustrum Padmanaba, Festival Bregada Meriah di Yogyakarta

Festival Bregada Tingkat SMA dalam rangka memperingati Lustrum X SMAN 3 Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebanyak 700 siswa yang terbagi dalam 18 kelompok mengikuti Festival Bregada Tingkat SMA se-DIY, Sabtu (16/9/2017). Kegiatan ini baru pertama kali digelar di Yogyakarta, untuk memperingati Lustrum X SMAN 3 Yogyakarta, Sabtu 16 Setember 2017.

Bragada berasal dari kata brigade merupakan prajurit Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dibentuk pada masa pemerintahan Hamengkubuwono I sekitar abad 17. Saat ini terdapat 10 bregada yang bisa dilihat oleh masyarakat umum paling tidak setahun tiga kali, yaitu pada upacara Grebeg Mulud, Grebeg Besar, dan Grebeg Syawal di Alun-Alun Utara.

Bregada itu meliputi Prajurit Wirabraja, Prajurit Dhaeng, Prajurit Patangpuluh, Prajurit Jagakarya, Prajurit Prawiratama, Prajurit Nyutra, Prajurit Ketanggung, Prajurit Mantrijero, Prajurit Bugis, dan Prajurit Surakarsa. Bregada satu dengan yang lain dibedakan berdasar atribut panji-panji (bendera), busana, dan kelengkapannya.

Adapun festival ini menampilkan konsep baru bregada. Misal, Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) yang menampilkan tema pelukis legendaris Raden Saleh, SMA Santo Mikael membawakan bregada rasa Papua, dan SMK Muhammadiyah 2 mengusung tema Hanoman Obong.

Mereka mengarak bregada dengan rute pintu timur Lapangan Kridosono menuju ke arah selatan, melewati Jalan Suroto Kotabaru, melalui Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Faridan M Noto, dan kembali ke Lapangan Kridosono.

"Dalam festival ini ada beragam bregada tetapi tidak keluar dari pakem Keraton Yogyakarta," ujar Indro Kimpling, kordinator program.

Ia menuturkan penilaian lomba bregada, meliputi, kreativitas kostum, gerak tari, serta kedisiplinan.

Kimpling berharap kegiatan ini bisa menjadi pintu masuk pengenalan budaya kepada generasi muda.

Kepala SMAN 3 Yogyakarta, Dwi Rini Wulandari menjelaskan festival ini menjadi wadah positif kegiatan siswa dan memberi hiburan tontonan seni kepada masyarakat.

"Keuntungan suatu sekolah memiliki atraksi bregada sangatlah positif yaitu dapat berperan aktif dalam program pariwisata dan akan menjadi kebanggaan sekolah yang dapat ditampilkan sewaktu-waktu dalam berbagai acara," ucap Rini.

Semarak Lustrum Padmanaba

Lustrum XV SMAN 3 Padmanaba Yogyakarta dan peringatan 75 tahun Padmanaba (1942-2017) kali ini mengambil tema Padmanaba Berbakti, Berbagi, dan Bersinergi. Puncak peringatan Lustrum dalam kurun Jumat-Selasa, 15-19 September 2017.

Kegiatan peringatan Lustrum XV Padmanaba ini diawali dengan kegiatan pra-lustrum yang akan diprakarsai dan diselenggarakan oleh OSIS SMA 3 Padmanaba, dimulai pada bulan Februari 2017.Salah satu kegiatan dari rangkaian Lustrum Padmanaba 2017 (Istimewa) Puncak Lustrum XV Padmanaba ini sangat semarak, diikuti para alumni dan siswa aktif. Berikut perincian kegiatannya;

Jumat 15 September 2017

Nguri-uri budaya dengan NoBar Sendratari Ramayana di Candi Prambanan, diikuti para alumni, siswa dan mengajak masyarakat sekitar sekolah. Pentas ini merupakan kolaborasi para pemain profesional dengan beberapa alumni dan siswa SMA 3 Padmanaba.

Sabtu 16 September 2017

Kegiatan Padmanaba Berbakti dengan peresmian pengelolaan sampah di SMA 3 Padmanaba dan pelatihan bagi SMA-SMA di Yogyakarta. Selain itu peresmian pusat kreasi dan inovasi di beberapa wilayah di DIY.

Festival Bregada (lomba gerak dan kostum prajurit Yogyakarta) antar SLTA se DIY memperebutkan Piala Sri Sultan HB X dan Piala Bergilir dari Mendiknas RI.

Padzar Malem di lapangan sepak bola dan lingkungan sekitar SMA 3 Yogyakarta. Dibuka dengan flash mob yang diikuti seluruh hadirin. Disiapkan panggung untuk pentas alumni antar angkatan, serta berbagai tenda makanan untuk pesta kuliner malam khas Yogyakarta.

Minggu 17 September 2017

Padzar Pagi di lapangan bola sekolah yakni kuliner pagi khas Yogyakarta dan panggung pertunjukan siswa-siswi SMA.

Lomba Lari Padmanaba 5K dan 10K dengan start di SMA 3 Yogyakarta. Diikuti oleh masyarakat umum dan keluarga Padmanaba.

PAD’s Golf Tournament Series yang diikuti para alumni dan para tamu Lustrum XV di lapangan Golf Cangkringan Yogyakarta.

Senin 18 September 2017

Career Day pengenalan profesi yang akan diikuti oleh seluruh siswa SMA 3 Yogyakarta dengan narasumber para alumni dari berbagai profesi.

Tasyakuran Lustrum XV Padmanaba. Diisi dengan doa dan pertunjukan tari dan musik budaya Jawa oleh alumni dan siswa.

Selasa, 19 September 2017

Upacara Bendera Lustrum XV Padmanaba di halaman SMA 3 Padmanaba.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Ruang Kelas sumbangan alumni SMA 3 Padmanaba dlm rangka Lustrum XV.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.