Sukses

Indahnya Pagi Berada di 5 Pantai Tercantik Pulau Semau NTT

Hamparan pantai indah menyebar di beberapa bagian pulau yang kering, namun menawarkan sejuta pesona keindahan yang luar biasa.

Liputan6.com, NTT - Nusa Tenggara Timur (NTT) menawarkan keindahan pantai yang luar biasa di Pulau Semau, inspirasi buat liburan di Indonesia bagian timur. Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi jika ke NTT adalah Pulau Semau yang memiliki lima pantai yang luar biasa indah dan alami. Anda hanya butuh waktu 30 menit dari pelabuhan Tenau Kota Kupang menuju pelabuhan rakyat di Pulau Semau.

Hamparan pantai indah menyebar di beberapa bagian pulau yang kering, namun menawarkan sejuta pesona keindahan yang luar biasa. Semuanya masih alami karena belum tersentuh oleh tangan-tangan jahil manusia. Daerahnya kering dan tandus tetapi di beberapa bagian terdapat lahan pertanian yang tetap hijau dari hadirnya musim hujan.

Berikut pantai-pantai yang harus dikunjungi di Pulau Semau:

1. Pantai Liman

Dinamai Pantai Liman karena di dekat pantai ini ada sebuah bukit yang oleh masyarakat sekitar dikenal dengan nama Bukit Liman. Memandang ke segala arah dari atas Bukit Liman menimbulkan sensasi keindahan yang luar biasa.

2. Pantai Otan

Pantai yang landai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang. Pantainya sendiri berpasir putih dan memiliki riak ombak yang tidak terlalu besar. Jadi masih aman untuk sekedar bermain air di sana. Siang yang terik tidak membuat Pantai Otan kehilangan pesonanya.

3. Pantai Onanbalu

Pantai ini terletak di teluk Onanbalu. Pantainya sendiri memiliki karakteristik yang panjang. Terdapat banyak petani rumput laut di pantai ini. Pohon-pohon perdu di pinggir pantai adalah tempat terasik untuk menikmati pemandangannya.

4. Pantai Uih Make

Pantai ini sejatinya tidak terlalu jauh letaknya dari Pantai Onanbalu. Pasir pantainya halus dengan bebatuan karang di ujung-ujung pantainya. Untuk menuju pantainya kita harus menuruni bukit terlebih dahulu karena memang letak pantainya ada di bawah bukit.

5. Pantai Uitiuhtuan

Pantai ini letaknya tidak jauh dari Pantai Liman. Jika kita dari arah desa Uiboa pasti akan melihat pantai ini terlebih dahulu sebelum sampai di Pantai Liman. Pasir pantai di sini juga sangat halus. Karakteristik pantainya landau dengan beberapa pohon kelapa di pinggir pantainya. Berjalan-jalanlah menyusuri pantainya untuk melihat keseluruhan pantai yang indah ini.

Camat Semau, Jhoni Ukat mengatakan, Pulau Semau memiliki keindahan pantai yang indah termasuk pantai Buan Liman.

Saat ini, pemerintah sudah membuka rute pelayaran feri dari pelabuhan Tenau Kupang menuju Pulau Semau.

"Sejak dibuka rute penyebrangan kesini membuat banyak orang datang dan berwisata di Pulau Semau khususnya ke Pantai Buan Liman,” jelas Jhoni kepada Liputan6.com, Selasa 5 September 2017.

Selain di Buan Liman ada alternatif wisata pantai yang indah di antaranya Pantai Otan, pantai Batu Inan dan Pantai Hansisi.

Dia berharap, pembenahan akses transportasi berupa penyiapan kendaraan di pulau hingga tambahan perbaikan infrastruktur jalan lingkar pantai menjadikan semau menjadi pulau tujuan wisata di NTT.

Seorang pengunjung, dr. Resti Victoria Fanggidae mengaku kagum akan keindahan pantai Buan liman. Menurutnya, salah satu view yang paling indah dari bawah bukit yang begitu menawan karena dihiasi oleh pasir putih bersih nan panjang dengan latarbelakang bukit Liman yang indah.

Dedy Pinis salah seorang pengusaha bangunan di Kota Kupang menjelaskan Pulau Semau memiliki potensi pariwisata yang sangat menawan bahkan tidak kalah dari daerah lain seperti Bali dan Lombok yang pernah dikunjunginya. Dirinya berharap ada perhatian serius pemerintah untuk mengembangkan pariwisata menjadi keunggulan daerah.

Saksikan video pilihan berikut!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.