Sukses

Paus Kawin Jadi Tontonan Warga Gunungkidul

Warga nelayan tidak takut atas kehadiran paus di Pantai Gunungkidul.

Liputan6.com, Yogyakarta - Warga di pesisir pantai [Gunungkidul](3090061 "", Daerah Istimewa Yogyakarta, heboh dengan munculnya ikan jumbo. Paus terlihat di sekitar Pantai Selatan Gunungkidul. Tak hanya paus, lumba-lumba juga tampak di kawasan laut itu.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono mengatakan, mamalia air raksasa ini sering terlihat di pantai dalam beberapa hari terakhir. Paus ini sering muncul di Pantai Nguyahan dan Pantai Ngrenehan, Kecamatan Saptosari.

"Sejak akhir pekan lalu muncul di pantai Pulang sawal (Indrayanti)," kata Marjono saat dihubungi, Senin, 11 September 2017.

Menurut Marjono, paus ini terlihat dari pantai karena sudah memasuki musim kawin, sehingga biasanya hewan sepanjang 10 meter ini saling berkejaran dan mendekati bibir pantai.

"Ya bulan-bulan seperti ini sering muncul. Saat ini memang musim kawin, paus sering minggir," kata dia.

Kehadiran paus ini tidak membahayakan para nelayan maupun wisatawan di Gunungkidul. Walaupun berada di beberapa puluh meter dari bibir pantai, justru kehadiran paus ini menjadi tontonan baru bagi wisatawan dan nelayan.

"Nelayan yang menebar jaring akan mengalami kerusakan tersambar paus. Meski berkelompok mereka tidak berbahaya malah jadi tontonan," Marjono menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.